Cara Membuat Smartphone Android Menjadi Kontroler Game PC

Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan bersama Smartphone Android, seperti tema kita hari ini yaitu menjadikan atau mengubah Samartphone Android menjadi stik kontroler PC/Laptop berbasis OS Windows. Dengan memanfaatkan layar touchscreen pada smartphone sebagai media input tombol, menggunakan media jaringan Wifi sebagai penghubung android dan PC, dengan bantuan beberapa aplikasi tambahan, oleh karena itu ada beberapa syarat yang harus terpenuhi untuk bisa memanfaatkan Smartphone Android layaknya Stik kontroller.
Smartphone Android Rasa Stik PC

Syarat Dan Bahan
1. PC / Komputer / Laptop dengan Sistem Operasi Windows 7 / 8 / 10
2. Smartphone Android Jellybean 4.2.2, Kitkat 4.4.2, Lolipop 5.0 / 5.1
3. Pada perangkat PC maupun Android telah tertanam Wifi

Langkah-Langkah
1. Unduh lalu instal aplikasi untuk PC Windows dan Android dari link di bawah ini
2. Setelah itu buka aplikasi Remot Receiver PC yang telah di instal di Komputer, lalu klik OK terus sampai minimize/mengecil di Tray icon (Tray icon itu icon-icon yang berjejer di pojok kanan bawah layar Windows).

3. Atur Wifi yang ada pada PC Komputer / Laptop Windows menjadi Wifi Hotspot, caranya buka aplikasi CMD dengan cara buka 'Start' > 'All Program' > 'Accessories' > 'Command Prompt' (CMD). maka terbuka jendela aplikasi CMD, masukkan kode/perintah berikut pada aplikasi CMD (Bisa di Copy Paste).
Setelah menulis/paste perintah diatas, klik Enter.
Setelah menulis/paste perintah diatas, klik Enter.
Setelah menulis/paste perintah diatas, klik Enter. Pengaturan Hotspot wifi diatas memiliki nama Hotspot admin dan passwordnya adalah 12345678.

4. Sambungkan Wifi pada Smartphone Android dengan Hotspot dari PC yang kita buat tadi. Caranya, aktifkan Wifi Smartphone melalui pengaturan atau melalui bilah status, setelah itu sambungkan dengan Hotspot Wifi PC yang bernama Admin dan passwordnya 12345678.

5. Buka aplikasi Monect PC Portable yang terinstal di Smartphone Android, kemudian pilih jaringan hotspot yang sudah terhubung dengan Android.

6. Pada tahap ini agan sudah bisa menggunakan aplikasi monect sebagai mouse, keyboard dan lain sebagainya, biarkan tetap terbuka selama menggunakanya. Sedangkan untuk menjadikan Smartphone sebagai joystick game, klik logo stick yang berada di tengah-tengah. Kemudian akan terlihat berbagai pilihan stick game, seperti racing  (untuk mobil balap), gamePad (untuk game umum seperti PES), Shooter mode (game perang), fly mode (untuk game kapal perang) dan GTA 5.

7. Silahkan pilih salah satu mode konfiguras joystick yang ada sesuai dengan kategori game yang dimainkan. Setelah itu setting joystick tersebut dengan mapping control game yang ingin dimainkan.

Itulah cara membuat perangkat android menjadi stick PC, sebenarnya dalam video demonstrasi aplikasi Monect tidak hanya dapat membuat smartphone Android menjadi stik Game PC tetapi juga bisa mengontrol aplikasi presentasi seperti Power Point. Untuk mengembalikan Hotspot Tethering menjadi Wifi biasa, buka kembali aplikasi Command Prompt (CMD) di komputer, lalu ketik/pastken perintah berikut, setelah itu enter.
Terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika anda masih belum paham tentang tutorial diatas, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang membingungkan anda karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian tips trik android dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan dan Semoga berhasil.

Related Posts:

0 Response to "Cara Membuat Smartphone Android Menjadi Kontroler Game PC"

Post a Comment