Cara Mengubah Wifi PC / Laptop Menjadi Tethering Hotspot Via CMD (Tanpa Aplikasi)

Mungkin kita lebih sering memanfaatkan Smartphone Android untuk dijadikan sebagai Hotspot Tethering, tetapi tutorial kali ini akan mengubah Wifi pada komputer atau PC Laptop berbasis Windows menjadi hotspot. Sebenarnya ada banyak cara untuk menghidupkan hotspot Wifi di komputer ataupun di laptop, termasuk dengan menggunakan software ataupun tidak. Di sini saya akan memberikan cara yaitu membuat komputer/laptop menjadi hotspot wifi dengan aplikasi cmd.

Langkah Mengubah Wifi Menjadi Hotspot
1. Buka aplikasi Command Prompt (CMD) dengan cara buka 'Start' > 'All Program' > 'Accessories' > 'Command Prompt' (CMD).

2. Maka terbukalah jendela aplikasi CMD, masukkan kode/perintah berikut pada aplikasi CMD (Bisa di Copy Paste).
Setelah menulis/paste perintah diatas, klik Enter.
Setelah menulis/paste perintah diatas, klik Enter.
Setelah menulis/paste perintah diatas, klik Enter. Pengaturan Hotspot wifi diatas memiliki nama Hotspot admin dan passwordnya adalah 12345678.

Langkah Menyambungkan Hotspot Ke Internet
Karena perangkat Wifi pada Laptop / Komputer sudah diseting menjadi Hotspot maka Wifi tadi tidak dapat menjadi penghubung ke Internet, anda membutuhkan perangkat lain seperti Modem 3G/4G yang bisa terhubung ke internet. Tancapkan USB Modem ke laptop atau Komputer, lalu ikuti tutorial dibawah ini.
1. Buka Network and Sharing Center, dengan cara mengklik kanan pada tray icon network (trya icon itu icon-icon yang berjejer di pojok kanan bawah jendela Windows).

2. Lalu pilih koneksi yang memiliki sambungan ke internet.

3. Pilih Local Area Connection > lalu Klik Properties.

4. Maka terbuka jendela 'Local Area Connection Properties', lalu pindah ke tab Sharing (tab Sharing hanya tersedia jika Hotspot Tethering telah diaktifkan), dan centang bagian Allow other network users to connect through this computer's Internet connection, lalu isi Home networking connection dengan nama koneksi Hotspot yang kita buat tadi. Lalu klik OK.

Cara Mengembalikan Hostspot Laptop Menjadi Wifi Biasa
1. Buka aplikasi Command Prompt (CMD) dengan cara buka 'Start' > 'All Program' > 'Accessories' > 'Command Prompt' (CMD).

2. Maka terbukalah jendela aplikasi CMD, masukkan kode/perintah berikut pada aplikasi CMD (Bisa di Copy Paste).

Nah sekarang hotspot sudah bisa dipakai untuk internetan. Cara ini hampir mirip dengan hotspot portabel pada smartphone android yang ada saat ini. Laptop bisa menjadi pemancar WiFi di rumah tanpa membeli router lagi. Bagi yang ingin bertanya silahkan tanyakan di kotak komentar di bawah post ini. Sekian post tentang cara membuat komputer menjadi hotspot wifi dengan cmd. Semoga bermanfaat.

Related Posts:

2 Responses to "Cara Mengubah Wifi PC / Laptop Menjadi Tethering Hotspot Via CMD (Tanpa Aplikasi)"

  1. Makasih mbah dukun infonya....jossss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke bradar.. makash dah mampir..

      Delete