Pengertian Bahan Konduktor Dan Isolator Listrik Beserta Contohnya

Berbicara mengenai bahan yang dapat menghantarkan listrik dan tidak dapat menghantarkan listrik maka ada dua hal yang perlu anda pahami yaitu Konduktor listrik dan Isolator listrik, bahan-bahan tersebut cukup melimpah di bumi ini, dan memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing dalam kegunaan sehari-hari.

Bahan Konduktor listrik adalah bahan yang dapat menghantarkan listrik dengan sangat baik dan menggerakkan elektron listrik. Penghantar listrik dalam teknik elektronika adalah zat yang dapat menghantarkan arus listrik, zat tersebut termasuk baik berupa zat padat, cair dan gas. Karena sifatnya yang konduktif dengan listrik maka disebut konduktor. Konduktor yang baik adalah yang memiliki tahanan jenis yang kecil. Pada umumnya semua logam bersifat konduktif atau penghantar listrik. Emas, perak, tembaga, alumunium, zink, besi dan berturut-turut memiliki tahanan jenis semakin besar. Jadi jenis logam emas adalah konduktor yang sangat baik, tetapi karena sangat mahal harganya, maka secara ekonomis tembaga dan alumunium adalah pilihan yang tepat untuk industri.

Contoh Bahan Konduktor Listrik: Emas, Perak, Tembaga, Aluminium, besi, seng.

Bahan Isolator listrik adalah bahan yang tidak bisa atau sulit melakukan perpindahan muatan listrik. Dalam bahan isolator valensi elektronnya terikat kuat pada atom-atomnya. Bahan-bahan ini dipergunakan dalam alat-alat elektronika sebagai isolator atau penghambat mengalirnya arus listrik. Isolator berguna pula sebagai penopang beban atau pemisah antara konduktor-konduktor tanpa membuat adanya arus mengalir ke luar atau kontak antara konduktor. Fungsi ini juga dipergunakan untuk menamai alat yang digunakan untuk menyangga kabel transmisi listrik pada tiang listrik.

Beberapa bahan, seperti kaca, kertas, atau Teflon merupakan bahan isolator yang sangat bagus. Beberapa bahan sintetis masih "cukup bagus" dipergunakan sebagai isolator kabel. Contohnya plastik atau karet. Bahan-bahan ini dipilih sebagai isolator kabel karena lebih mudah dibentuk / diproses sementara masih bisa menyumbat aliran listrik pada voltase menengah (ratusan, mungkin ribuan volt).

Contoh Bahan Isolator listrik: Kertas, Kayu, plastik, karet.

Fakta menarik Tentang Konduktor Dan Isolator Listrik
  • Kebanyakan konduktor listrik yang baik juga merupakan konduktor panas yang baik.
  • Suhu dapat memainkan peran penting dalam konduktansi material. Secara umum, semakin tinggi suhu, semakin rendah konduktivitas, resistensi meningkat seiring dengan kenaikan suhu.
  • Aluminium memiliki konduktivitas lebih rendah dari tembaga, tetapi kadang-kadang digunakan dalam kabel karena biayanya lebih rendah.

Diatas merupakan penjelasan mengenai bahan konduktor dan isolator listrik beserta contohnya, terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika anda masih belum paham tentang mengenai bahan konduktor dan isolator listrik, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang membingungkan anda karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian tips blog dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan dan Semoga berhasil.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Bahan Konduktor Dan Isolator Listrik Beserta Contohnya"

Post a Comment