Cara Kompressi File ISO Ke CSO / CSO Ke ISO Di Android Dan PC Windows Dukun Tekno

Cara Kompressi File ISO Ke CSO / CSO Ke ISO Di Android Dan PC Windows



Pada aplikasi emulator, ada file yang disebut sebagai ROM (Read Only Memory). Rom ini adalah file game, ROM mengartikan bahwa file tersebut ketika di proses tidak akan mengalami perubahan data, mesin pengolah hanya melakukan proses membaca data saja tanpa menulis ulang data file game, seperti namanya Read Only Memory yang jika diartikan kedalam bahasa indonesia berarti Memory Yang Hanya Dibaca. Dalam kasus ini kita akan membahas PPSSPP sebagai mesin emulator dan file ISO dan CSO sebagai file ROM nya. Ada perbedaan paling mendasar antara file ISO dan CSO, karena jenis format file ini akan mempengaruhi kinerja dan ruang penyimpanan. Keduanya memiliki keunggulan masing, saya akan mengulas sedikit tentang kedua file tersebut.

Apa Itu File Kompresi?
File Kompresi adalah format file yang berisi data cetak biru (blueprint) dari file tertentu, contohnya CSO hasil kompressi file ISO. Seperti namanya, kompress artinya memapatkan, Algoritma untuk file kompresi bertujuan untuk meringkas atau mengurangi ukuran memory data dan bukan untuk mengenkripsi file, hal ini bertujuan agar perangkat penyimpan seperti SD Card bisa lebih banyak menyimpan file ROM.

Perbedaan File ISO Dan CSO ROM PSP
Apa Itu File ISO Pada ROM PSP?
ISO adalah International Organization for Standardization yang merupakan sebuah file gambar yang berukuran besar dan berisi citra dari Disk UMD, ini juga yang ditemui pada perangkat penyimpan CD/DVD. Pada perangkat konsole game genggam PSP menggunakan media penyimpan seperti kaset DVD yang berukuran kecil dan di sebut sebagai media penyimpan UMD. Keuntungan menggunakan ISO, ia tidak memiliki kompresi data, sehingga tidak perlu melakukan proses decompress file, alhasil ini akan meningkatkan performa mesin karena file ini membuat proses lebih cepat, namun ada kekurangan ketika menggunakan file ini, yaitu ukuran file yang besar, hal ini disebabkan karena fromat file tidak memiliki kompresi data sehingga cenderung berukuran besar.

Apa Itu File CSO?
CSO adalah versi Kompresi dari file ISO. Keuntungan menggunakan file ini adalah ukuran file relatif lebih kecil bahkan hingga 10x lebih kecil dari ukuran file ISO. Kekurangan file CSO adalah lebih banyak proses yang di butuhkan untuk proses decompress file CSO, sehinggah kebanyakan game menjadi lag akibat dari proses decompress selama memainkan game. Dalam prosesnya, CPU akan mengubah CSO menjadi ISO terlebih dahulu, lalu ke bahasa mesin, sehingga format file CSO membutuhkan satu tingkat proses lagi yaitu merubah CSO ke ISO (decompress) sebelum ke bahasa mesin. bahkan ketika anda menggunakan SD Card Class 10, ISO masih tetap menang dalam hal kecepatan.

Walaupun CSO tergolong berat jika dimainkan diperangkat mobile, tetapi ada keuntunganya yaitu ruang memory anda akan menjadi lebih longgar ketimbang anda menggunakan file berformat ISO. Selain itu jika file CSO sangat cocok untuk prosesor dengan jumlah inti 8 core, jumlah prosesor yang banyak akan membatu dalam proses decompil file CSO untuk merubahnya ke file ISO. Dan tutorial ini sangat cocok untuk anda yang ingin melonggarkan ruang memory smartphone.

Langkah-Langkah Convert ISO Ke CSO / CSO Ke ISO Di Android
1. Bahan
  • Unduh Dan Instal aplikasi CISO di Playstore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.barwnikk.android.ciso&hl=in
  • Smartphone Androis
  • File ISO / CSO
2. Buka aplikasi CISO XP yang di unduh tadi.
3. Anda bisa memilih apakah convert file dari ISO ke CSO atau CSO ke ISO, dipraktek akan mengubah file CSO ke ISO.
4. Pada Input cari file ISO nya, sedangkan Output adalah tempat menyimpan file hasil kompresi.

5. Ada level compresi yang diberikan, semakin tingi level kompresinya maka semakin kecil ukuran file CSO nya. Lalu Start untuk memulai proses.

Langkah-Langkah Convert ISO Ke CSO / CSO Ke ISO Di Windows
1. Bahan
  • PC/Komputer/Laptop Windows XP ke atas ( dalam praktek saya menggunakan win 7 32 bit ).
  • File game PSP berformat ISO.
  • Aplikasi CISO XP unduh di link berikut, pilih salah satu: http://www.iso2cso.com/ atau https://drive.google.com/file/d/0B4-R_Gk1XOWTRXhZa0lpNmFKY2c/view?usp=sharing
2. Buka aplikasi CISO XP yang di unduh tadi.
3. Anda bisa memilih apakah convert file dari ISO ke CSO atau CSO ke ISO, dalam praktek saya akan mengubah file ISO ke CSO.
4. Pada Source cari file ISO nya, sedangkan Destination adalah tempat hasil kompresi filenya.

5. Ada level compresi yang diberikan, semakin tingi level kompresinya maka semakin kecil ukuran file CSO nya. Lalu Start untuk memulai proses.

Diatas merupakan tutorial cara mengubah file ISO ke CSO atau sebalikanya di perangkat android dan Komputer Windows, terimakasih telah berkunjung ke situs dukuntekno, jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf, dan bila anda masih belum mengerti cara merubah file iso ke cso saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang membingungkan anda, sekian tutorialnya. Semoga berhasil!.