Mantra Sakti Dukun Teknologi

Macam-Macam Jaringan Komputer



Jarungan Komputer adalah sekumpulan komputer ( 2 atau lebih komputer ) yang bisa saling bertukar data satu sama lain dengan media tertentu untuk mendapatkan tujuan tertentu. Jaringan komputer memiliki bagianya masing-masing yaitu Client dan Server. Client adalah komputer yang meminta dan Server adalah komputer yang memproses permintaan client.

Klasifikasi Bentuk Jaringan

Jaringan Komputer diklasifikasi berdasarkan jangkauan, tipe data, bentuk jaringan, dll. Hal ini akan mempengaruhi fungsi jaringan komputer itu sendiri, berikut klsifikasi jaringan komputer:

Berdasarkan Geografis (Jangkauan Wilayah)

LAN (Local Area Network)
Local Area Network merupakan betuk jaringan komputer yang mencaku wilayah kecil, contoh komputer-komputer yang terhubuh dalam satu gedung, rumah, kantor, dll. Pada jaringan ini, komputer mampu bertukar data hingga menggunakan perangkat yang terhubung pada setiap komputer tergantung hak akses yang diberikan. seperti komputer menggunakan printer dari komputer lain.

MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan Area Network adalah jaringan komputer yang ada didalam satu kota yang menghubungkan antara jaringan local area network (LAN).

WAN (Wide Area Network)
Wide Area Network adalah jaringan komputer yang menghubungkan jaringan-jaringan komputer antar kota atau antar negara atau bahkan antar benua.

Berdasarkan Fungsi
Client - Server
Jaringan Client Server adalah suatu jaringan yang terbentuk oleh komputer client dan server. Komputer server adalah komputer yang akan mengesekusi/menjalankan permintaan komputer client dan komputer client adalah komputer yang meminta akses tertentu terhadap komputer server. Komputer server biasanya memiliki keunggulan yang lebih di banding komputer client, seperti ruang memory yang lebih besar sehingga dijadikan sebagai pusat penyimpanan data, dll.

Peer To Peer
Peer to peer adalah jaringan komputer dengan tujuan untuk memanfaatkan kemampuan masing-masing komputer, sehingga dapat saling mengisi kekurangn komputer satu dengan yang lain.

Berdasarkan Topologi

Topologi jaringan adalah bentuk jaringan komputer dimana setiap komputer yang terhubung membentuk suatu pola tertentu dan ada keuntungan dan kekurangan masing. Berikut pola-pola yang bisa ditemui pada jaringan komputer.

Topologi jaringan adalah bentuk jaringan komputer dimana setiap komputer yang terhubung membentuk suatu pola tertentu dan ada keuntungan dan kekurangan masing. Berikut pola-pola yang bisa ditemui pada jaringan komputer. meliputi: Ring, Mesh, Star, Fully Connected, Line, Tree, Bus.

Berdasarkan Sumber Data
Terusat
Jaringan Pusat adalah jaringan yang terdiri dari kumpulan komputer client dan server yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk megakses data yang berasal dari satu komputer server.

Terdistribusi
Jaringan Distribusi adalah perpaduan antara jaringan pusat, sehingga banyak komputer server yang dapat saling terhubung.

Berdasarkan Media Yang Digunakan

Jaringan Berkabel
Jaringan Berkabel adalah jaringan komputer yang menggunakan media kabel sebagai perantara dan frequensi listrik pengirim data melalui kabel.

Jaringan Nirkabel
Jaringan Nirkabel adalah jaringan komputer yang menggunakan media gelombang elektromagnetik untuk mengirim data.

Jaringan Fiber Optic
Jaringan Fiber adalah jaringan komputer yang menggunakan media gelombang cahaya yang merambat pada serat fiber untuk mengirim data.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+