Cara Membuat HDD Internal PC Menjadi External

Tak ada rotan akar pun jadi, mungkin itulah pribahasa yang cocok untuk kasus ini, ketika budget lagi menipis langkah terakhir adalah memanfaatkan barang seadanya. Jika agan ingin membeli HDD eksternal tentunya harus memiliki budget yang cukup untuk membelinya, nah bagaimana jika dana lagi menipis? anda punya HDD bekas komputer yang sudah tak terpakai? kita bisa memanfaatkanya menjadi HDD Ekxternal lho!. HDD internal dan HDD Eksternal tentu memilik kegunaan masing-masing, HDD internal yang biasa dipakai untuk menyimpan data dikomputer dan HDD Eksternal untuk menyimpan file jumbo tetapi lebih mudah untuk di share ke komputer lain.

Dibandingkan SDCard atau Flashdisk, HDD rata-rata memiliki kapasitas yang besar. Mungkin inilah yang akan menjadi alasan agan pengen menjadikan hardisk sebagai media penyimpan external, Terutama ketika ingin menyimpan file berukuran besar atau memindahkan file berukuran besar keperangkat lain, jadi ringkas bukan? Lalu bagaimana caranya membuat HDD internal menjadi internal? Masalah utamannya adalah setiap perangkat HDD datang dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Misal seperti ukuran/size, kabel power, port SATA atau IDE.

Dengan Hardisk external anda bisa memanfaatkan HDD dari komputer lawas anda kembali sebagai media penyimpan external, yang bisa berfungsi sebagai back-up data atau data storage yang mudah dibawa kemana- mana. Agan bisa menggunakan External Case sebagai media untuk mengubah HDD internal menjadi External, saya akan memberikan beberapa tips yang dapat anda gunaka untuk membeli External case yang cocok dengan spesifikasi Harddisk anda.

Langkah Membuat HDD Internal Menjadi Eksternal
1. Pertama-tama membeli HDD External Case yang harganya sekita 25rb an. Bagaimana memilih External Case? Yang harus kita cermati terlebihdahulu adalah port yang digunakan Hardisknya, apakah menggunakan port SATA atau IDE? untuk mengetahuinya lihat gambar di bawah.
 1. Bagaimana memilih External Case? Pertama-tama kita harus mengetahui terlebuh dahulu port yang digunakan Hardisknya apakah sata atau IDE? untuk mengetahuinya lihat gambar di bawah.

2. Agar HDD Eksternal Case nya pas ketika dipasang dengan HDD, lihat Ukuran HHD nya, Ukuran HDD sangat penting. Pada Harddisk PC/Komputer biasanya memiliki ukuran 3.5 inc, sedangkan ukuran Harddisk Laptop berukuran 2.5 Inc. Lihat gambar dibawah ini gan!.
2. Lihat Ukuran HHD nya Ukuran HDD sangat pentinguntuk PC/Komputer Hardisk biasanya memiliki ukuran 3.5 inc seangkan Laptop memiliki ukuran 2.5 Inc
Kiri HDD ukuran 3.5 Inc dan kanan ukuran 2.5 inc
Sayangnya sangat jarang ditemui toko komputer yang menjual external case untuk ukuran 3.5 inc kebanyakan yang dijual adalah 2.5 inc.

3. Jika menggunakan HDD Laptop yang berukuran 2.5 inc, bentuk Eksternal Casenya memiliki 2 port USB, yang satu untuk tambahan daya dan yang satunya untuk tukar data, ketika dipakai keduanya harus dicolokkan ke port USB masing-masing. Sedangkan jika menggunakan HDD Komputer yang berukuran 3.5 inc, agan musti membeli perangkat tambahan yang bernama AC Adaptor, fungsinya untuk menyuplai listrik. Lihat gambar dibawah gan!.

Diatas adalah tutorial cara membuat HDD Internal menjadi Eksternal, Ingat! sebelum membeli Eksternal Casenya perhatikan jenis Port nya (SATA atau IDE) yang kedua ukuran HDD nya (3.5 atau 2.5 inc). terimakasih telah berkunjung ke blog dukuntekno, maaf jika ada penulisan yang salah, jika anda masih belum paham, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang belum anda pahami, tentu saya akan menjelaskan sebaik-baiknya. Sekian tutorialnya, semoga berhasil!.

Related Posts:

0 Response to "Cara Membuat HDD Internal PC Menjadi External"

Post a Comment