Mantra Sakti Dukun Teknologi

Setting AMD Catalys Dan Crimson Untuk Pes2015, 2016


Setting AMD Catalys Dan Crimson Untuk Pes2015, 2016

Setting Pada Driver AMD Catalyst / Crimson

Untuk membuka Driver Klik kanan pada jendela Desktop lalu pilih Catalys / Crimson. Penjelasan dan tutorial dimaksudkan untuk mendapatkan performa game terbaik di perangkat komputer anda.
Untuk membuka Driver Klik kanan pada jendela Desktop lalu pilih Catalys / Crimson.

Antialiasing

Antialiasing
Kiri: Antialias OFF. Kanan: Antialias ON

Fitur ini untuk menghaluskan garis grid yang ada pada bidang miring sehingga tampak halus, semakin tinggi level anti aliasingnya semakin halus permukan garis miring dan semakin besar pula beban kinerjanya. ada 3 pilihan pengaturan:

Dari yang saya rasakan, antialiasing menyedot banyak performa. saya sarankan untuk dinonaktifkan saja fiturnya.

1. Use Aplication Setting > artinya pengaturan grafis mengikuti pengaturan game bukan crimson.
2. Enhance Aplication Setting > akan aktif jika pada pengaturan fitur antialiasing pada game dinonaktifkan, mungkin lebih tepatnya melapisi pengaturan yang tidak aktif.
3. Override Aplication Setting > artinya pengaturan grafis game akan mengikuti pengaturan Crimson bukan game.

Anistrophic

Anistrophic
kiri: Anistrophic OFF. kanan: Anistrophic ON.

Fitur ini meningkatkan fokus tekstur gambar pada permukaan grafis yang berada di sudut pandang miring sehubungan dengan sudut pandang kamera yang biasanya gambar mengalami bercak2 tidak rapi. Ini mirip seperti kamera menggunakan lensa yang fokus terhadap jarak tertentu saja.

Jika diaktifkan maka gamabar akan lebih rapi dan lembut, tingkat fokus tergantung pada level pengaturan, semakin tinggi semakin jauh jarak kamera yang fokus namun semakin menyedot performa GPU.

1. Use Aplication Setting > artinya pengaturan grafis mengikuti pengaturan game bukan crimson.
2. Override Aplication Setting > artinya pengaturan grafis game akan mengikuti pengaturan Crimson bukan game.

Texture Filter Mode

Textur Filter Mode
kiri: antialiasing OFF, texture filter OFF. tengah: antialiasing ON, textur filter OFF. kanan: antialiasing On, texture filter ON.

Fitur ini hampir mirip dengan antialiasing, bedanya textur filter untuk menghaluskan gambar pada permukaan 3d, sedangkan antilalias untuk menghaluskan gambar pada permukaan 2d.

Yang saya rasakan Textur filter hampir tidak menguras performa cocok untuk bandwidth memory VRAM tinggi, jadi set full aja.

1. High > artinya kualitas texture di tingkatkan dan mendukung efek bayangan.
2. Standar  > artinya masih mendukung efek bayangan tapi texture menjadi blur.
3. Performance > artinya textur tidak mendukung fitur bayagan dan kualitas menjadi blur


Surface Format Optimization Setting 

sebuah efek demosi yang merubah grafis 64 bit ke 32 bit agar lebih mudah diproses, tetapi mengurangi kualitas grafis.

Fitur ini dapat meningkatkan performa hingga 30%, jadi aktifkan saja.

Surface Format Optimization sendiri merupakan trik AMD untuk mempercepat proses kalkulasi framebuffer, dengan mengurangi kalkulasi biner pada nilai warna framebuffer. fitur ini tersedi pada driver seri Catalyst Control Center v10.10e keatas dan kemungkinan besar tersedia untuk semua seri Crimson. Fitur ini membawa mode 32bit bukan 64bit, dan pada pencitraan warna digital yang saya tau saat ini ada Red, Green, Blue, dan Alpha atau lebih dikenal sebagai RGBA. masing-masing membawa nilai 16bit artinya seperti ini Red = 16bit, Green = 16bit, Blue = 16bit, Alpha = 16bit. sehingga didapat hasil 16 + 16 + 16 + 16 = 64, umunya grafis game sepenuhnya menggunakan 64bit untuk satu texel.

Untuk mengurangi memory dan mempercepat proses, fitur Surface Format Optimization akan mengubah nilai bit pada masing-masing warna menjadi Red = 11bit, Green = 11bit, Blue = 10bit, Alpha = None. Sehingga didapat nilai 11 + 11 + 10 = 32, Fitur ini akan membuat nilai kalkulasi menjadi 32bit untuk setiap satu texel, sehingga perhitungan menjadi sederhana dan cepat tentunya. Umunya fitur Surface Format Optimization mampu meningkatkan kinerja hingga sebesar 30% namun mengurangi kualitas grafis walau tidak terlalu mencolok.

Wait For Vertical Refresh & Triple Buffering

Mencegah efek robek pada grafis, pelajari lebih lanjut disini.

Tessalation

Tessalation
Fitur ini untuk menggandakan Polygon/Segitiga pada Object 3D sehingga lekukan-lekukan pada permukaan 3d tampak halus dan realistis. Pilih AMD Optimize pada semua pilihan.


Frame Target Control

Merupakan fitur untuk mengontrol jumlah fps ( frame per second ), Frame per Second merupakan jumlah gambar yang muncul dalam satu detik, sebuah adegan animasi tersusun dari frame-frame, Frame tadi berganti-ganti terus menerus dilayar sehingga menghasilkan animasi bergerak. Normalnya untuk menghasilkan grafis terbaik atur ke 60fps, sedangkan terendah adalah 55fps. Jangan atur di bawah 55fps takutnya game berjalan seperti mengalami lag atau patah-patah.

Global Overdrive

 Tips untuk melakukan overclocking yang saya rasa aman karena telah saya uji dari perangkat harga sedang dengan cara ubah clock GPU menjagi Full, Naikkan Clock memory 2 tingkat jangan lebih, Ubah nilai tegangan ke Full, Atur Fan bekerja Full. Alhamdullillah sejauh ini aman-aman saja di VGA saya.

Tips untuk melakukan overclocking yang saya rasa aman karena telah saya uji dari perangkat harga sedang dengan cara ubah clock GPU menjagi Full, Naikkan Clock memory 2 tingkat jangan lebih, Ubah nilai tegangan ke Full, Atur Fan bekerja Full. Alhamdullillah sejauh ini aman-aman saja di VGA saya.

Setting Graphic Pes 2015 Dan 2016

Hilangkan Penonton

Pada pes 2015/2016 anda bisa menggunakan aplikasi Crowd disabler patch tweak untuk menghilangkan penonton/suporter,

untuk pes2015 unduh disini, pilih salahsatu link yang ada ya:
Cara Pakai
1. Run as admin aplikasinya crowd 2015
2. Pilih Open dt30.cpk, cari file dt30.cpk di folder instalasi pes anda. Lalu pilih Disable.

Sedang untuk pes2016 disini, pilis salah satu link:

Cara Pakai
1. Extrack filenya ke dalam instalasi PES2016, Klik kanan Run as Admin > lalu pilih disable.