Perbedaan Personal Komputer Dan Workstation Komputer Dukun Tekno

Perbedaan Personal Komputer Dan Workstation Komputer


Berdasarkan kegunaanya dan tujuan dalam kegiatan sebuah pekerjaan, Komputer dibagi menjadi dua, yaitu: Personal Computer (PC) dan Workstation Computer. Personal Computer/Komputer Pribadi merupaka komputer yang paling banyak dijumpai dipasaran, seperti namanya, komputer ini digunakan oleh banyak kalangan (pelajar, gamer) dan kebanyakan komputer pribadi dipakai sebagai teman hiburan atau juga untuk pekerjaan ringan tanpa skil khusus. Sedangkan Komputer Workstation ditunjukkan untuk kalangan pekerja atau enginer untuk menunjang karier, Komputer Workstation datang dengan spesifikasi tinggi, harga yang lebih mahal, dan terinstal berbagai software dan asesoris khusus.

Personal Komputer
Komputer pribadi (PC) adalah komputer tujuan umum, yang ukurannya, kemampuan, dan harga penjualan ditunjukkan untuk individu dan biasanya untuk hiburan, dimaksudkan untuk dapat dioperasikan secara langsung oleh pengguna akhir tanpa campur tangan operator komputer. Ini kontras dengan berbagi model yang yang ditemui dipasaran dimana harga dapat menjadi patokan kinerja dan keandalan. Aplikasi perangkat lunak untuk sebagian besar komputer pribadi saat ini meliputi Word Editor (Microsoft Office), spreadsheet, database, browser Web dan e-mail, pemutaran media digital, game, dan segudang produktivitas pribadi dan software aplikasi tujuan khusus.

Workstation Komputer
Komputer Workstation juga telah digunakan untuk keperluan yang dapat merujuk ke sebuah PC (Personal Computer) yang juga terhubung ke jaringan tetapi Workstation komputer lebih dari itu. Workstation telah menawarkan kinerja lebih tinggi dari komputer desktop PC, terutama bagian CPU dan grafis, kapasitas memori, dan kemampuan multitasking yang lebih baik. Mereka dioptimalkan untuk visualisasi dan manipulasi dari berbagai jenis data yang kompleks, seperti desain mekanik, simulasi rekayasa (misalnya dinamika komputasi fluida), animasi dan rendering gambar, dan plot matematika. Biasanya, asesories untuk komputer workstation terdiri dari layar resolusi tinggi (4K), keyboard dan mouse kusus, tetapi juga menawarkan tablet grafis, 3D mice (perangkat untuk manipulasi objek 3D dan menavigasi melalui adegan tangan atau gerakan tubuh), dll. Workstation adalah segmen pertama dari pasar komputer untuk menyajikan aksesori canggih, Ciri-Ciri Spesifikasi Workstation Komputer sebagai berikut:

Menggunakan Prosesor Server
Komputer Workstation membutuhkan prosesor khusus yang tahan dengan pekerjaan dengan durasi lama dan performa yang cepat. Setidaknya komputer Workstation bisa datang dengan menggunakan prosesor Intel seri Xeon atau AMD Opteron.

RAID (Redundant Array of Independent Disk)
Sistem RAID menggunakan beberapa hard disk drive (HDD) internal untuk menyimpan dan memproses data Anda. Ada beberapa jenis sistem RAID. Tergantung pada jenis sistem, Anda bisa mendapatkan beberapa drive pengolahan data, atau Anda bisa mendapatkan mirrorred drive, yang berarti bahwa jika salah satu drive gagal yang lain masih akan berfungsi.

Menggunakan RAM ECC
Error Correcting Code memori (memory ECC) adalah jenis penyimpanan data komputer yang dapat mendeteksi dan memperbaiki jenis yang paling umum dari internal data yang korup. Memori ECC digunakan di kebanyakan komputer dimana data korup tidak dapat ditoleransi dalam keadaan apapun, seperti untuk komputasi dibidang ilmiah atau keuangan. Biasanya, memori ECC mempertahankan sistem memori agar kebal terhadap kesalahan tunggal-bit, dimana data yang dibaca dari setiap kata selalu sama dengan data yang telah ditulis, bahkan jika satu atau lebih bit sebenarnya disimpan telah membalik ke negara yang salah. Kebanyakan memori non-ECC tidak dapat mendeteksi kesalahan meskipun beberapa memori non-ECC memiliki dukungan untuk melakukan deteksi kesalahan kode tapi tidak untuk koreksi kede.

Lebih lanjut mengenai RAM ECC bisa dibaca disini.

Menggunakan Kartu Grafis Double Polygon
Komputer Workstation juga dipakai dalam pekerjaan sebagai editor video, animasi, 3D render dimana biasanya aplikasi dengan fitur-fitur tersebut semuanya membutuhkana GPU khusus untuk optimasi double polygon. Umunya komputer workstation datang dengan Graphic Card seri AMD FirePro atau nVidia Quadro.

Terima kasih buat pemabca setia artikel Dukun Tekno, sekian penjelasn mengenai perbedaan Komputer PC dan Workstation Komputer. Mohon maaf jika ditemukan kesalahan dalam penulisan, sekian dan jangan lupa untuk membaca artikel yang lain.

1 comments:

saya sedang belajar tentang ini juga, kalau saya sering mencari referensi belajar disini Ilmu Komputasi Matematika