Cara Melakukan Sitemap Blog Pada Google Webmaster Tool Dukun Tekno

Cara Melakukan Sitemap Blog Pada Google Webmaster Tool

Mendapatkan kepopuleran blog atau situs adalah salah satu dari keinginan para blogger, namun untuk mewujudkanya dibutuhkan pengetahuan yang komplit mengenai dunia per situsan. beberapa faktor yang membuat situs anda dapat terkenal adalah kecepatan mesin pencarian(google, bing, yahoo, dll) dalam merayapi situs anda, masalahnya adalah bagai mana mesin pencarian dapat dengan cepat merayap situs atau blog kita? salah satunya melalui sitemap. Apa itu sitemap? berikut penjelasanya lebih komplit.

Sitemap atau peta situs merupakan beberapa faktor yang dapat meningkatkan kecepatan peng index an supaya situs anda dapat dirayapi lebih cepat oleh mesin pencarian seperti google dan yahoo search, nah disinilah kegunaan dari sitemap atau yang disebut sebagai peta situs tersebut. Secara otomatis jika anda memiliki blog pada blogspot atau wordpress anda memilik sitemap pada alamat link namablog.blogspot.com/sitemap.xml. artinya alamat sitemap anda tinggal diberi tambahan kata /sitemap.xml setelah alamat utama situs anda, sehingga anda tidak perlu repot-repot membuat sitemap.xml pada situs anda.

Jika anda pernah mendaftar di google webmaster tool atau bing webmaster tool biasanya anda diminta untuk memasukkan alamat sitemap pada bagian perayapnya. walaupun secara default anda sudah memiliki halaman sitemap seperti yang sudah saya utarakan tadi, tetapi banyak sekali layanan situs yang memberi tool untuk membuat sitemap sendiri. sehingga anda bisa menambah peta situs anda sendiri, contohnya situ xml-sitemaps.com atau sitemaps-builder.com, dengan situs tersebut anda bisa membuat hlaman sitemap dengan sangat mudah, tinggal memasukkan alamat utama situs anda lalu klik start sambil menunggu proses selesai.

Sitemap adalah sebuah fungsi pada Webmaster Tool agar mesin pencari melakukan perayapan/crawl pada situs anda, sehingga situs anda akan terindex lebih cepat pada mesin pencari google. Sitemap berisi link-link dari berbagai link halama dari situs anda, jika halaman stemap anda diindex maka link-link yang ada pada sitemap juga ikut terindex. Nah, Kali ini Dukun Tekno akan berbagi cara melakukan sitemap pada sahabat blogger, jika anda sudah mengerti istilah sitemap pastinya anda memiliki akun google yang telah terdaftar pada google webmaster. selanjutnya kita tinggal melakukan crawl / perayapan sitemapnya.

Langkah-Langkah
1. Buka situs https://www.google.com/webmasters/tools

2. Pilih Situs yang telah anda tambahkan/claim pada webmaster > lalu buka crawl/rayapan > Sitemap ( lihat gambar diatas ).
3. Lalu pilih 'add/test sitemap' ( seperti gambar diatas ) > isi dengan sitemap.xml lalu OK.

Itulah cara melakukan sitemap blog pada Google Webmaster Tool, terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika anda masih belum paham tentang cara melakukan sitemap blog pada Google Webmaster Tool, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang membingungkan anda karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian tips blog dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan dan Semoga berhasil.