Perbedaan GPU Integrated, Dedicated, Onboard, Diskrit Pada Mesin Pengolah Grafis VGA Card

Bagi anda yang memiliki Komputer ataupun Laptop pastinya sering menemukan sebuah istilah penamaan pada teknologi yang terasa hampir sama namanya, seperti GPU Intregate dan GPU Dedicated, sama-sama membawa nama 'GPU' bukan? hal ini mungkin akan menimbulkan kebingungan terutama bagi pemula jika ingin mengupgrade komponen pada Komputernya, Maka dari itu Dukun Tekno akan mengulas sedikit tentang hal itu.
GPU ( Graphic Processing Unit ) pada komputer komponen ini memiliki fungsi sebagai mesin pengolah grafis sebelum ditampilkan ke layar monitor, perbedaan atara Integrated dan Dedicated GPU terletak pada spesifikasi komponen tambahan, yang pada akhirnya komponen tersebut memberi pengaruh terhadap kinerja GPU. Umumnya Dedicated GPU lebih baik dibandingkan Integrated GPU, untuk lebih jelasnya yuk kita dalami tentang keduanya.

Integrated GPU
Integrated GPU ( GPU Terpadu )
Integrated GPU dari Intel yang menempel langsung pada Mainboard
Integrated GPU adalah GPU yang tidak memiliki Memory Video sendiri ( VRAM ), kebanyakan Itegrated GPU di rakit oleh Intel, seperti Intel seri GMA, HD, dll. Ciri-ciri lain yang paling mencolok pada Integrated GPU adalah ia datang tanpa Memory VRAM ( Video Random Acess Memory ) sendiri, sehingga ketika komputer hidup, Integrated GPU menggunakan RAM ( Random Access Memory ) pada Sistem dan berbagi dengan Sistem Operasi untuk menjalankan tugas, umumnya ruang RAM yang dipakai oleh Integrated GPU antara 32MB, 64MB, dan 128MB.
Untuk masalah performa, memang sangat jelas Integrated GPU kalah telak dengan Dedicated GPU, tetapi biasanya ia lebih ramah terhada masa pakai baterai, dengan kata lain Integrated GPU lebih hemat energi. Pemakaian Integrated GPU pada komputer biasanya untuk memainkan game ringan alias kecil atau juga game-game lawas.


Dedicated GPU

Dedicated GPU ( GPU Terdedikasi )
Dedicated GPU dalam VGA Card
Dedicate GPU adalah GPU yang memiliki Memory VRAM sendiri, kebanyakan dalam bentuk VGA Card, kecuali pada Laptop Dedicated GPU menyatu dengan Mainboard. Perbedaan dengan Integrated GPU, Dedicated GPU memiliki Memory VRAM sendiri, seandainya anda memiliki AMD Nano R9 dengan ruang memory yang sudah dimiliki yaitu 4GB, maka ketika komputer di hidupkan AMD Nano R9 tidak akan mengambil ruang pada memory RAM sistem, dia akan menggunakan RAMnya sendiri untuk menjalankan proses. VRAM pada Dedicated GPU biasanya dibuat khusus lebih cepat performanya dinbanding RAM sistem.

Dedicated GPU sanggup memainkan game-game besar. Dedicate GPU biasanya datang dengan segudang fitur, seperti dukungan Multi Monitor. Jika anda ingin memasang LCD tambahan anda bisa memanfaatkan fitur tersebut. fitur lain yaitu Multi GPU, yaitu menggabungkan dua atau lebih Dedicated GPU, fitur Multi GPU biasanya dipakai untuk mendapatkan performa berlipat tanpa membeli mesin baru, anda cukup membeli model GPU yang sama.

GPU Onboard
GPU Onboard adalah sebuah istilah untuk menyebut GPU yang menempel/tertanam pada motherboar.

GPU Diskrit
GPU Diskrit adalah sebuah istilah untuk menyebut GPU yang terpisah dari motherboard.

Penjelasan
Lawan kata dari Dedicated GPU adalah Integrated GPU, dan lawan kata dari GPU Onboard adalah GPU Diskrit.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan GPU Integrated, Dedicated, Onboard dn Diskrit. terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika anda masih belum paham tentang perbedaan GPU Integrated, Dedicated, Onboard dn Diskrit atau memiliki pertanyaan seputar mesin pengolah grafis, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan hal yang ingin anda tanyakan karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian pejelasan teknologi dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan.

Related Posts:

0 Response to "Perbedaan GPU Integrated, Dedicated, Onboard, Diskrit Pada Mesin Pengolah Grafis VGA Card"

Post a Comment