Nama-Nama Komponen Pada Perangkat CPU Komputer

Kali ini saya akan membahas mengenai nama komponen-kompone yang sering ditemui pada komputer, Jadi amatlah cocok bagi anda yang sedang menggarap tugas sekolah.

Motherboard
Papan Motherboard terkadang juga disebut sebagai Mobo oleh kebanyakan orang, merupakan komponen paling utama dalam sebuah komputer, motherboard memiliki fungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen dalam komputer. Pada Motherboard terdapat chip-chip kecil yang disebut sebagai chip controller, tiap chip controller memiliki fungsinya sendiri. Contoh chipset Northbridge, chip northbridge berfungsi untuk menghubungkan RAM, dan VGA Card dengan prossessor, lalu ada chip Southbridge yang berfungsi untuk menghubungkan media lain seperti HDD, Flashdisk, Mouse, keyboard dengan prosesor, dan masih banyak chip-chip lainya.

Pada papan motherboard juga terdapat port, slot dan socket. Port biasanya digunakan untuk memasang kabel-kabel tertentu seperti kabel HDD ke mobo, kabel usb panel, dll. Slot biasanya berbentuk seperti penjepit yang berfungsi sebagai tempat untuk komponen yang berbentu tipis, contohnya slot PCIe digunakan untuk memasang kartu VGA Card, slot RAM tempat untuk memasang RAM, dll. Sedangkan Socket merupakan tempat untuk memasang Prosesor.

Proccessor / Prosesor
Prosesor terkadang disebut sebagai Otanya komputer, hal ini dikarenakan prosesor memiliki fungsi sebagai pusat pengolah data digital melalui sinyal yang disebut clock. tiap data akan diolah oleh komponen ini, komponen prosesor juga merupakan komponen yang akan aktif terus menerus selama komputer dihidupkan, ini menyebabkan prosesor mengalami panas karena terjadi gesekan elektron-elektron dengan atom-atom pada prosesor, sehingga di butuhkan sebuah pendingin khusus. Pendingin tersebut bernama Fan Heatsink, biasanya menempel dengan meningih prosesor dan terpasang menggunakan baut skrup atau media lainya.

Fan Heatsink
Fan heatsink bukan merupakan komponen khusus melainkan alat untuk mendinginkan prosesor seperti yang telah disebutkan diatas, Fan heatsink tersusun dari fan dan heatsink. Fan merupakan kipas yang berfungsi untuk membuang panas, sedangkan Heatsink merupakan logam dengan pola dan bahan khusus yang berfungsi untuk menyerap panas pada prosesor. Fan Heatsink tidak hanya ditemukan pada prosesor terapi juga komponen lain seperti VGA. Ada beberapa jenis pendingin lain selain Fan Heatsink, seperti Water Cooler dimana pendingin ini memanfaatkan air sebagai perpindahan panas, berbeda dengan kipas yang menggunakan udara untuk membuang panas.

RAM (Random Access Memory)
Disebut juga memory akses acak, karena dalam proses penyimpanan datanya ia mampu menyimpan data dalam urutan apapun, tetapi membutuhkan arus listrik untuk mempertahankan datanya. RAM sering digunakan untuk menyimpan data logika, yang merupaka sebuah data dari program yang sedang diproses, ini disebabkan RAM memiliki kecepatan akses yang tinggi dibanding memory lainya hingga ratusan ribu kali lebih cepat. sedangkan data logika menuntut kecepatan data super tinggi, sehingga RAM amatlah cocok untuk tugas ini.

HDD ( Hard Disk Drive )
Berbeda dengan memory RAM, memory HDD merupakan sebuah media menyimpan data yang tidak membutuhkan arus listrik untuk mempertahankan datanya. HDD sering digunakan sebagai penyimpan data utama, seperti untuk menginstal Sistem Operasi, menyimpan file video, lagu, dll. ini dikarenakan HDD cenderung memiliki kapasitas yang amat besar dan juga jika dilihat dari sisi harganya, HDD cenderung lebih murah dibandingkan jenis memory tanpa listrik lainya seperti flash memory.

VGA Card ( Video Graphic Adapter )
VGA berfunsi untuk mengolah data grafis yang sedang dikerjakan oleh prosesor sebelum dikirim ke monitor. VGA membutuhkan komponen lain yaitu Monitor untuk menampilkan grafis secara visual. VGA jaman sekarang lebih sering dipakai untuk memainkan game besar disamping fungsinya sebagai adaptor grafis, karena saat ini motherboard telah terpasang VGA sendiri yang disebut VGA Onboard.

PSU (Power Supply Unit)
PSU adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menyuplai daya listrik ke semua komponen komputer seperti Motherboard, HDD, VGA Card (jika dibutuhkan). PSU memiliki kabel-kabel dengan unjung yang disebut pin, beberapa jeni kabel PSU yaitu kabel 24pin dan 4pin yang menghubungkan PSU dengan Mobo, 4pin kabel HDD, 6pin kabel untuk VGA Card, dll. PSU dengan kualitas terbaik biasanya datang dengan logo 80+ (80 Plus).

Related Posts:

0 Response to "Nama-Nama Komponen Pada Perangkat CPU Komputer"

Post a Comment