Tips Menghemat Tagihan Listrik Dirumah

Buat Menara Air
Walaupun menara air sama-sama membutuhkan pompa air ketika proses pengisiannya, tetapi pompa air saja tidak langsung menyuplai air secara langsung, pompa air membutuhkan jeda waktu untuk menarik air dari sumbernya hingga ketujuanya, waktu tunggu yang lama ini akan menghabiskan listrik yang lebih banyak. Nah disini peran menara air, dimana menara air akan langsung menyuplai air tanpa pompa air. Intinya, dengan menambahkan menara air berkapasitas besar akan mengurangi penggunaan pompa air, karena penggunaanya hanya ketika mengisi menara air saja. Dibandingkan anda menggunakan pompa air hanya untuk hal-hal kecil seperti berwudu, cuci tangan, dll.

Gunakan Lampu Led
Cahaya lampu led jauh lebih terang dibanding lampu pijar atau lampu neon dengan daya yang sama. Bayangkan saja, lampu led dengan daya 2 watt mampu menghasilkan cahaya setara dengan lampu neon dengan daya hingga 15 watt. Dari pengalaman banyak orang setelah mereka mengganti semua lampu rumahnya dengan lampu Led, tagihan listrik mereka anjlok hingga 30 persen dengan pemakaian seperti biasanya. Lampu Led dijual dari harga mulai Rp 5.000,00 hingga ratusan ribu Rp.

Gunakan TV Led / Amoled
Umumnya TV Led mengkonsumsi daya lebih rendah dibandingkan dengan jenis TV CRT atau TV Plasma. Daya yang dibutuhkan oleh TV Led mulai dari puluhan hingga ratusan watt, biasanya tergantung besar kecilnya ukuran TV dan pengaturan kontras cahaya, dimana semakin redup semakin rendah daya yang dibutuhkan. Selain itu juga TV merupakan alat yang sering dihidupkan atau dipakai dibandingkan dengan lampu.

Sederhanakan Jalur Kabel Di Rumah
Ketahuilah bahwasanya kabel itu juga menghabiskan listrik, dan jika kabel terlalu panjang dari seharusnya yang pada akhirnya hal ini akan membuat tagihan listrik menjadi membengkak, kabel listrik mengandung sedikit hambatan listrik yang membuat listrik berubah menjadi panas dan ini akan bertambah seiring kabel yang bertambah panjang. Temukan jalur kabel terbaik untuk memaksimalkan penggunaan listrik di rumah anda, Gunakan pula kabel dengan bahan tembaga murni, karena tembaga merupakan media terbaik untuk laju arus listrik.

Gunakan Laptop Dari Pada PC
Jika hanya mengerjakan tugas kecil seperti menulis tugas, membuka facebook, atau browsing internet, mendownload. Alangkah baiknya jika anda menggunakan Laptop ketimbang PC, Biasanya PC membutuhkan daya diatas 450 watt, sedangkan laptop sekitar 250 watt saja. Tentusaja ini akan mengirangi konsumsi listrik.

Gunakan Konsol Untuk Bermain Game
Jika anda suka bermain game, Daya yang dibutuhkan untuk bermain game pada PC / Komputer amatlah besar, rata-rata diatas 350 watt. Sedangkan jika anda bermain menggunakan konsol seperti xBox One atau Playstation4, konsumsi daya hanya sekitar 130-200 watt saja. Beda jauh bukan?

Gunakan Seklar Jarak Jauh
Berbagai inovasi mengenai dunia kelistrikan telah dilakukan, salah-satu hasil karyanya adalah Sklar jarak jauh. Sklar atau pemutus arus jarak jauh saat ini sudah mulai dijual dipasaran, biasanya penggunaanya menggunakan SMS, dimana sebelumnya pada alat sklar tadi dipasang kartu gsm. Ini berfungsi ketika anda lupa mematikan alat elektronik dirumah, sedangkan anda telah pergi jauh dari rumah.

Cabut Charger Sehabis Digunakan
Umumya ini hanya masalah kebiasaan saja, biasanya seseorang hanya mencaput kabel charger dari handphone tanpa mencabut charger. Tahu kah kamu jika alat pengisi baterai ini walaupun sudah tidak terhubung dengan ponsel atau smartphone akan terus menyedot listrik selama masih terhubung dengan stop kontak? Yah, charger ini masih akan terus menarik arus listrik walaupun tidak sebanyak ketika dihubungkan dengan ponsel.

Cabut Kabel TV Sehabis Digunakan
Seperti pada poin sebelumnya yang juga merupakan kebiasaan malas, apalagi terlalu sering menggunakan remot Tv membuat seseorang menjadi malas berdiri untuk mencabut kabel. Ketauhi saja ketika tv dimatikan dan kabel masi terhubung, konsumsi daya tidak terlalu berbeda ketika tv masi dihidupkan. TV masih menyedot listrik untuk siap menerima perintah melalui remot kontrol untuk dihidupkan.

Related Posts:

0 Response to "Tips Menghemat Tagihan Listrik Dirumah"

Post a Comment