Komputer Keluar Tulisan American Megatrends Plus Cara Atasinya

American Megatrends adalah merek Bios, biasa di sebut Amibios ( American Megatrends Bios ). Bios atau Basic Input Output Sistem adalah sebuah program yang akan berjalan sebelum loading Sistem Operasi, jika bios berjalan normal pada awal komputer dihidupkan, Bios akan memberikan informasi perangkat apa saja yang terhubung kepada komputer. Seperti Prosesor, Hardisk, Memory Ram, DVD Rom, dan lainya.
Namun begitu juga ada faktor  yang biasanya membuat Bios tidak berjalan semestinya, jika anda mengalami komputer anda tidak bisa digunakan dan malah keluar tulisan/logo American Megatrend, itu biasanya ada yg salah pada pengaturan bios komputer anda, umumnya bukan karena faktor yg fatal jadi anda tenang saja. Berikut Dukun Tekno mengulasnya, ada 2 langkah yang harus di kerjakan untuk memperbaiki Error ini.

Ganti batre CMOS

Penyebab umum komputer keluar tulisan american megatrend adalah habisnya masa pakai Batre CMOS, baterai ini berfungsi untuk menyimpan pengaturan settingan atau configurasi Bios. tempat batre cmos sendiri ada di dalam komputer jadi harus di bongkar, harga batre cmos kisaran Rp 5000an

Konfigurasi Tanggal Bios
Setelah anda mengganti batre CMOS hidupkan komputer, di sini komputer masih error karena BIOS belum disetting dengan benar, terutama bagian tanggalnya. Untuk melakukan konfigurasi, tekan tombol F1 ( Run Setup ) ketika komputer menampilkan American Megatrend yang Error > Pilih Standard Cmos Feature > lalu settinglah tanggalnya. Anda bisa saja melewati langkah nomor 1 dan langsung ke nomor 2, tetapi anda akan melakukan konfigurasi Bios setiap kali menghidupkan komputer.

Itu saja untuk memperbaiki bios America Megatrend yang error, terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika anda masih belum paham tentang cara memperbaiki komputer yang keluar tulisan American Megatrend, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang membingungkan anda karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian tips klinik tekno dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan dan Semoga berhasil.

Related Posts:

Kenali Kerusakan pada Prosesor dari pengalaman

Perlu diketahui bahwa kerusakan pada prosesor sangat jarang terjadi. berikut adalah kerusakan yg pernah saya alami pada prosesor saya.

Pin LGA yg bengkok
Jika anda menggunakan mobo lga hati2 dalam melepas dan memasang prosesor karena saya pernah mengalaminya. yg rusak bukan prosesornya tapi socketnya hehehee..

Gambar/Tampilan monitor Crash/hancur
Saya sempat mengira bahwa monitor yg crash itu berarti chip GPU pada VGA Card lah yang rusak oh ternyata tidak juga. hal ini pernah saya alami dan saya sempat pensiunkan VGA saya. namun ketika saya mengambil prosesor saya untuk saya pasang pada komputer baru ternyata layar tetap crash. lalu saya menyadari bahwa yg rusak adalah prosesornya dan VGA Card ternyata masih bisa dipakai.

Oke sekian pengalaman saya tentang kerusakan prosesor..

Related Posts:

Peer To Peer Menghubungkan 2 Komputer Laptop Tanpa Router / Hub

Peer To Peer Menghubungkan 2 Komputer Laptop Tanpa Router / Hub
Peer To peer adalah salah satu cara untuk menghubungkan 2 komputer atau lebih, Cara ini juga lebih praktis dan punya istilah lain seperti P2P atau Peer To Peer, cocok untuk file sharing laptop, dari pada harus lewat flashdisk atau bluetooth yang memiliki kecepatan bandwith sangat kecil, sedangkan nkecepatan pada ethernet peer to peer bisa sampai 100mb/s.

Bahan
1. Kabel Lan.
2. Minimal 2 Komputer tentunya.

Langkah-Langkah Menghubungkan
1. Hubungkan/colokan kabel lan kedalam port Ethernet pada masing-masing komputer..
2. Setting IP
  • Pada Windows XP
  • Klik Start > Contol Panel  > Network and Internet Connections  > Network Connections.
- Klik Start > Contol Panel  > Network and Internet Connections  > Network Connections.

  • Pada Local area Connection > klik kanan > Property > pilih TCP/IP > property.

- Pada Local area Connection > klik kanan > Property > pilih TCP/IP > property.

  • Maka terbukalah IP Setting dan pengaturan DNS.
  • Pada Windows 7, 8, 10
  • Klik kanan Icon Network > lalu pilih Open Network & Sharing Center.
- Klik kanan Icon Network > lalu pilih Open Network & Sharing Center.

  • Buka Local area connection.

- Buka Local area connection.

  • Pilih property

- Pilih property

  • Lalu pilih IPv4 > Property.

- Lalu pilih IPv4 > Property.

3. Untuk Komputer 1 set seperti ini, IP 196.254.1.1 dan DNS 1: 8.8.8.8 DNS 2 8.8.4.4 ( DNS bisa di kosongkan )
4. Untuk Komputer 2 set seperti ini, IP 196.254.1.2 dan DNS 1: 8.8.8.8 DNS 2 8.8.4.4 ( DNS bisa di kosongkan )

Langkah - Langkah Sharing File
Sekarang matikan Firewall pada kedua komputer ( ini opsional jika gagal ) , dan pastika kedua komputer memilik nama yang berbeda. Maka komputer akan terhubung tetapi belum bisa melakukan sharing file, untuk dapat melakukan sharing file harus melakukan konfigurasi.

1. Buka Local Disk Properti dengan cara buka File Explorer > Klik kanan pada drive yang ingin anda share > Property > Buka tab Sharing.
1. Buka Local Disk Properti dengan cara buka File Explorer > Klik kanan pada drive yang ingin anda share > Property > Buka tab Sharing.

2. Buka Advance Sharing.
2. Buka Advance Sharing.

3. Centang Share This Folder.
3. Centang Share This Folder.

4. Buka Permission.
4. Buka Permission.

5. Di bagian Allow, Centang Fullcontrol > ok.
5. Di bagian Allow, Centang Fullcontrol > ok.

"Saat ini drive sudah share able tetapi komputer lain hanya bisa melihat isi drive saja belum bisa membuka atau memindah data. agar dapat mengakse penuh drive yang di share tadi harus mengatur melalui scurity"


1. Buka drive yang di share able tadi klik kanan > Property > Scurity > Edit.
1. Buka drive yang di share able tadi klik kanan > Property > Scurity > Edit.

2. Add > Advance > Find Now > Pilih Everyone > OK.
2. Add > Advance > Find Now > Pilih Everyone > OK.

3. Scurity > Everyone > Checklist / Centang Fullcontrol.

Related Posts:

Trik Supaya Memory Tidak Mudah Rusak

Banyak sekali yg belum mengerti bahwa Flash Memory itu memiliki masa pakai yg terbatas.
Oleh karena itu saya ingin memberikan informasi masalah utama yg menyebabkan Flash memory itu menjadi memiliki masa pakia yang singkat. Yang termasuk dalam Flash memory adalah Flashdisk, SSD, SD Card, MMC, dll. perangkat ini menyimpan memory digital didalam transistor yg berukuran kecil. setiapa mehapus atau menulis data transistor ini mengalami keausan dan jika terus menerus melakukan hal itu transistor tidak lagi bisa digunaka sehingga rusak total. Berikut Tips sederhana:

Jangan Sering-Sering menghapus data

Centang 'Quick Format' Ketika Memformat
Quick Format adalah proses memformat data tanpa menghapus data yang sebenarnya di mana yang di hapus adalah data page header address bukan isi page. Ketika kepepet untuk memformat lebih baik centang 'Quick Format'.

Gunakan HDD External
Jika anda memang perlu untuk melakukan pernghapusan data karena sebab tertentu, lebih baik anda menggunakan Hardisk external. karena perangkat hardisk memiliki tehnik penyimpanan yg berbeda dari flas memory. Hardisk tahan terhadap penghapusan data yg dilakukan berkali2. Tetapi rentan terhadap goncangan fisik.

Semoga tips-tips di atas membuat Flashdsk anda memiliki umur yang panjang dan awet, terimakasih.

Related Posts: