Mantra Sakti Dukun Teknologi

Menggunakan Flash Memory Dengan Bijak Agar Tidak Mudah Rusak



Banyak sekali yg belum mengerti bahwa Flash Memory itu memiliki masa pakai yg terbatas.
Oleh karena itu saya ingin memberikan informasi masalah utama yg menyebabkan Flash memory itu menjadi memiliki masa pakia yang singkat. Yang termasuk dalam Flash memory adalah Flashdisk, SSD, SD Card, MMC, dll. perangkat ini menyimpan memory digital didalam transistor yg berukuran kecil. setiapa mehapus atau menulis data transistor ini mengalami keausan dan jika terus menerus melakukan hal itu transistor tidak lagi bisa digunaka sehingga rusak total. Berikut Tips sederhana:

Jangan Sering-Sering menghapus data

Centang 'Quick Format' ketika memformat
Quick Format adalah proses memformat data tanpa menghapus data yang sebenarnya di mana yang di hapus adalah data page header address bukan isi page. Ketika kepepet untuk memformat lebih baik centang 'Quick Format'.

Gunakan HDD External

jika anda memang perlu untuk melakukan pernghapusan data karena sebab tertentu, lebih baik anda menggunakan Hardisk external. karena perangkat hardisk memiliki tehnik penyimpanan yg berbeda dari flas memory. Hardisk tahan terhadap penghapusan data yg dilakukan berkali2. Tetapi rentan terhadap goncangan fisik.

Semoga tips-tips di atas membuat Flashdsk anda memiliki umur yang panjang dan awet, terimakasih.