Mantra Sakti Dukun Teknologi

Faktor Yang Mempengaruhi Performa Komputer



Tentu saja jika anda ingin mendapatkan performa komputer anda dalam keadaan optimal anda harus mengetahui faktor apa saja yang memberi pengaruh. Beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja Komputer. Saya urutkan dari Faktor yang paling Berpengaruh.

Komputasi Processor

Core

Set Intruksi
Adalah Sebuah arsitektur prosesor. bisa dingambarkan bagaimana prosesor itu memproses program. semakin prosesor tersebut memiliki banyak set intruksi semakin ia memiliki kopleksitas Komputasi.

Jumlah Core pada Prossesor
Core adalah tempat dimana suatu tugas atau program di proses. semakin banyak Core semakin cepat suatu tugas terselesaikan. selain itu dari pada mengedepankan kecepatan atau Clock. meningkatkan jumlah core lebih efektif dan lebih menghemat daya listrik.

Clock
Clock di hitung dengan Hz. Ini adalah jumlah denyut listrik yang merambat di prosesor.

Cycle
Bisa di ibaratkan ia adalah jalan. Data yang masuk harus melalui perubaha tipe data seperti data masuk ke ALU, Register, Cache dan sejenisnya.

Cache
Memory cache pada prosesor memiliki kecepatan paling tinggi diantara jenis memori yang lainya dan berfungsi untuk menyimpan data yg paling sering di akses oleh prosesor. Semakin besar kapasitas Cache semakin bagus.

Komputasi Grafis

Beli Kartu Grafis yang mendukung teknologi terkini. seperti OpenCL, DirectX12, Mantle, OpenGL4.5, Pysic, Cuda, Direct Compute.

Kecepatan dan Ruang BUS

Ram
Menyimpan data Executeable dimana prosesor mengabil data secara langsung tanpa mencari lokasi data biner. dari ram ini yg paling utama adalah ruang. dari isu yang saya dengar kecepatan ram yang ada saat ini sudah cukup. yang paling utama adalah kapasitanya semakin besar semakin bagus.

HDD
Biasanya sebuah sistem operasi selalu mengakses Partisi Sistem, pastikan anda memiliki kecepatan transfer data Harddisk yang cepat. Minimal belilah HDD yang mendukung SATA2.0

Software

Software yang bagus adalah software yang memanfaatkan resource pada Hardware secara maksimal. Contoh: Windows 10.

Software Version
Menginstal Driver terbaru dapat meningkatkan performa komputer, ini di karenakan aplikasi driver dengan versi terbaru akan datang dengan algoritma yang lebih bersahabat dengan mesin. update driver VGA, Audio, Ethernet, Chipset, dll.

Baca Juga:
Panduan Merakit PC Gamer

Share Artikel

Facebook Twitter Google+