Cara Memasang 2 HDD Di Satu Laptop Dengan HDD Caddy Bukan HDD External

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hai gaes, beberapa waktu yang lalu saya telah meng-upgrade HDD saya ke SSD, untuk meningkatkan kinerja Laptop saya. Setelah Saya baca-baca di internet saya menemukan bahwa setelah mengupgrade HDD ke SDD anda juga harus memindah Virtual Memory ke non SSD alias HDD. Virtual Memory sendiri merupakan memory Swap yang dipake oleh Windows ketika RAM mulai penuh.
Cara Memasang 2 HDD Di Satu Laptop Dengan HDD Caddy Bukan HDD External

Karena jika Virtual Memory di taruh di SSD maka perangkat SSD akan mudah rusak. Disinilah saya mengenal istilah HDD Caddy, HDD Caddy merupakan kasing untuk HDD ukuran 2.5 inc bedanya dia dipasang di laptop menggantikan DVD Rom Laptop. Ada dua jenis HDD Caddy berdasarkan ukuran yaitu Slim untuk Laptop terbaru dan Fat untuk Laptop lama yang tebal-tebal.

Dan disinilah saya memasang HDD Caddy sebagai Drve ke 2 dan sekaligus sebagai tempat Virtual Memory. Berikut tutorialnya.

Tutorial Artikel Memasang 2 HDD Di Satu Laptop Dengan HDD Caddy Bukan HDD External
1. Beli HDD Caddy sesuai ukuran laptop anda, apakah slim atau fat. Jika laptop anda ada embel-embel slim maka pilih HDD Caddy yang Slim. Harganya mulai dari 45rb keatas, dan saya kemarin membelinya dengan harga 95rb plus onkos kirim dari Jepara ke Pati :(.

2. Lepas DVD Rom pada laptop anda.

3. Pasang baut pengunci pada DVD Rom lalu pasangkan baut tersebut ke HDD Caddy (hal ini karena bisanya ketika membeli HDD Caddy baut pengunci tidak termasuk dalam paket pembelian).

4. Pasang HDD anda ke HDD Caddy.

5. Pasang HDD Caddy ke laptop anda.

Nah kini saya gak perlu kawatir soal SSD saya yang akan rusak akibat dari aktivitas fitur Virtual Memory dari windows, karena lokasi Virtual Memory saya udah saya pindah ke Drive HDD.