Cara Mengedit Banyak Gambar Sekaligus Di Photoshop Windows

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kali ini Dukuntekno akan memberikan sebuah tutorial bagi Kamu yang ingin mengedit gambar dalam jumlah yang sangat banyak di Photoshop Windows. Misalnya anda ingin mengedit gambar dalam jumlah ratusan, ribuan, puluhan ribu gambar. Anda ingin mengedit ukuran, warna, memberikan effek bayangan, efek transparantsi, memasukkan text di gambar, memberikan efek-efek khusus dan lain sebagainya. Hal ini bisa di lakukan di Photoshop melalui tutorial yang akan saya bagikan.

Cara Kerja
Di tutorial ini, nantinya kita akan mengaktifkan fitur Action Record, dimana nantinya fitur ini jika diaktifkan akan merekam semua aktifitas editing kita di Photoshop, semuanya akan direkam secara urut termasuk ketika kita meng save gambar. Nantinya kita rekam aktifitas editing pada satu gambar saja.

Hasil rekaman Action Record selanjutnya kita terapkan untuk seluruh gambar yang akan kita edit menggunakan fitur Batch, misalnya 1000 gambar sekaligus. Maka 1000 gambar tersebut akan ter edit dengan hasil yang sama seperti kita mengedit 1 gambar pertama yang kita rekam dengan Action Record. Udah gak sabar? berikut tutorialnya.

Tutorial Mengedit Banyak Gambar Sekaligus Di Photoshop Windows
Disini saya ingin mengedit gambar jumlahnya 144, saya ingin mengedit ukuranya 256x256 menjadi 512x512, lalu saya ingin mengubah warna dari merah ke warna putih. Dan disini saya menggunakan Photoshop CS3.

1. Buka aplikasi Photoshop, lalu buka seluruh gambar yang ingin Anda edit, perhatikan gambar berikut.
Cara Mengedit Banyak Gambar Sekaligus Di Photoshop Windows

2. Selanjutnya kita edit satu gambar sambil mengaktifkan fitur Action Record, Caranya buka Tab "Window" lalu buka pilihan "Action". Perhatikan gambar berikut ini.

3. Ketika memilih "Action" maka akan muncul jendela Action yang ditunjukkan nomor 1 pada gambar dibawah, lalu pilih "Creat new set" dengan klik icon folder yang ditunjukkan panah nomor 2 pada gambar dibawah. Lalu munculah jendela "New set" yang ditunjukkan nomor 3, disini kita akan memberi nama untuk rekaman aktifitas yang akan kita lakukan, beri nama terserah anda lalu klik "Ok".

4. Setelah pilih nama dan klik OK, akan muncul slot baru yang saya tunjukkan nomor 1 pada gambar dibawah, Pilih "Creat new Action" (panah nomor 2), maka muncul jendela "New Action" (panah nomor 3) beri nama terserah anda lalu pilih "Record".

5. Silahkan edit 1 foto, sampai selesai hingga di tahap menyimpan gambar (gambar yang di edit tersimpan). Setelah selesai mengedit, pilih "Stop playing/recording" seperti panah nomor 1 pada gambar berikut.

6. Sekarang kita akan menggunakan Action Record untuk menerapkan pengeditan 1 gambar tadi ke disemua gambar yang ada, disini saya udah ada 144 gambar yg terbuka. Buka menu "File > Automate > Batch.

7. Maka akan muncul jendela Batch seperti gambar dibawah ini, isi opsi Batch dengan benar.
- Kolom Set pada panah nomor 1 saya isi dengan "set 1" nama set 1 saya buat di tahap no 3 diatas.
- Kolom Action pada panah nomor 2 saya isi dengan "Action 1" nama Action 1 saya buat di tahap no 4 diatas.
- Panah no 3 saya isi "Opened Files (Gambar yang sudah terbuka)" karena saya udah membuka 144 gambar sebelumnya.
- Setelah itu pilih "OK" (panah no 4). maka proses edit otomatis akan di mulai, tunggu semua gambar ter edit hingga habis.

8. Dan berikut hasil akhirnya, gambar yang tadinya berwarna merah transparan sekarang menjadi putih transparan semuanya.