Masalah Kulit Pada Remaja



Merawat kulit haruslah dilakukan sejak masih muda, terutama saat remaja. Pada masa remaja ini, kulit sedang mengalami reaksi dan penyesuaian karena adalnya lonjakan hormon dalam tubuh. Sehingga tidak jarang remaja mengalami sejumlah gangguan kulit, seperti jerawat, keringat berlebih, wajah berminyak, hingga munculnya kutil di kulit. Pada dasarnya merupakan faktor hormonal, semua kondisi kulit remaja tersebut normal. Meski demikian, haruslah dilakukan penanganan yang tepat agar tidak berdampak lebih.

Pada artikel kali ini akan coba membahas tuntas mengenai perawatan wajah dan kulit yang cocok untuk remaja berdasarkan berbagai masalah kulit. Disimak, yuk!

Tips Menghilangkan Jerawat untuk Remaja
Jerawat adalah masalah yang paling umum dan sering muncul pada saat seseorang memasuki usia remaja. Hal ini antara lain adalah karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan hormon yang sedang meningkat. Akibatnya, kulit pun ikut bereaksi dengan hal tersebut, yang pada akhirnya menimbulkan jerawat. Jerawat pada remaja ini biasanya muncul ditandai dengan tonjolan pada sejumlah area kulit, yang disertai dengan infeksi, pori-pori melebar, dan berisi sel darah putih yang memadat (komedo). Jerawat pada remaja biasanya muncul di daerah seperti dahi, hidung, serta pipi.

Jerawat yang terjadi pada remaja, meskipun normal, haruslah mendapatkan penanganan yang tepat. Karena, yang ditakutkan dari jerawat adalah bekas luka jerawat yang sulit dihilangkan. Nah, agar jerawat cepat sembuh dan tidak meninggalkan bekas luka, ikuti langkah-langkah berikut ini cara Penghilang Bekas Jerawat beserta jerawat nya:

Gunakan jeruk nipis untuk mempercepat sembuhnya jerawat
Jeruk nipis diperas untuk diambil airnya. Dengan tangan bersih, oleskan air jeruk nipis tadi di kulit yang berjerawat. Lakukan 2 hingga 3 kali sehari secara rutin setiap hari hingga jerawat sembuh. Cara ini juga bisa dilakukan setelah jerawat sembuh agar bekas luka jerawat bisa hilang sampai tuntas. Anda bisa menggunakan cream jerawat, tetapi apa kalian masih percaya dimana banyak sekali produk palsu bertebaran.

Cara Mengatasi Kulit Berminyak Pada Remaja
Masalah kulit lainnya yang sering terjadi pada remaja adalah kulit berminyak. Seperti sebelumnya ini akibat kondisi hormonal yang tidak stabil, kelenjar yang memproduksi minyak di bawah kulit ikut bereaksi tidak stabil. Kelebihan minyak di wajah pun terjadi dan biasanya sangat mengganggu.

Sebenarnya, minyak di wajah memiliki manfaat, antara lain untuk mencegah kulit mengalami kekeringan. Namun lain cerita jika jumlah sudah berlebih, hal ini akan menyebabkan sejumlah masalah, misalnya kotoran yang mudah melengket, pori-pori kulit membesar, komedo, dan tentunya jerawat. Untuk itu perlu dilakukan penanganan agar masalah minyak di wajah bisa teratasi.

Sebenarnya kulit berminya masih belum ditemukan obatnya, tetapi ada hal yang masih bisa dilakukan agar terhindar dari masalah yang ditimbulkan oleh kulit berminya, seperti komedo, kulit menglupas dan jerawat:

Jangan tidur tengkurap, posisi tidur tengkurap dapat membuat kotoran dibantal menjadi menempel di kulit yang berminyak.

Cucimuka 2x pagi dan malam lalu gosok hingga kulit mati di permukaan kulit terangkat. jika kulit mati ini menumpuk dapat menyebabkan masalah seperti jerawat.

Mengatasi Keringat Berlebih Pada Usia Remaja
Remaja juga rentan mengalami masalah kulit lainnya, yaitu: keringat berlebih. Aktivitas yang cukup padat, perubahan hormon, stres, perubahan pola makan, jantung yang berdebar bisa menimbulkan masalah keringat berlebih pada remaja. Keringat ini biasanya muncul secara berlebihan pada area punggung, dada, lipatan kulit, telapak tangan dan kaki, ketiak, serta lipatan paha. Keringat berlebih ini, bila tidak diikuti dengan menjaga kebersihan tubuh, bisa menimbulkan masalah lain, yaitu bau badan, gatal-gatal, dan sebagainya.

Karena keringat berfungsi untuk mendinginkan tubuh, sebenarnya tidak perlu ditangani secara khusus. Cukup pastikan bahwa kulit dan tubuh cukup bersih, terhindar dari kotoran dan kuman. Jika perlu, gunakan deodoran atau wewangian yang mengandung anti septik agar kuman tidak mudah berkembang biak di kulit.

Daun Sirih untuk Kulit dan Mengatasi Masalah Bau Badan
Untuk menghindari kuman hidup dan berkembang biak di kulit, Kamu bisa menggunakan daun sirih sebagai bahan alami untuk mengusir kuman dari kulit, sekaligus menjaga tubuh dari bau badan. Daun sirih adalah anti septik alami yang mampu membunuh kuman dan bakteri, serta mencegahnya hidup dan berkembang biak di kulit. Dengan kulit yang bebas kuman, maka tubuh pun terhindar dari bau badan tak sedap, serta gangguan gatal-gatal seperti panu dan kutu air.

Caranya cukup mudah, cukup dengan merebus 3 – 5 helai daun sirih, dan airnya dicampurkan pada air bilasan saat mandi. Mandi seperti biasa, lalu gunakan air campuran tadi untuk membilas tubuh.