-->

Perbedaan nVidia GeForce, Quadro & Tesla

Perbedaan NVidia GeForce, Quadro & Tesla
Ada banyak hal yang bisa diulas megenai dunia komputer, dan dukun tekno tidak ada habis-habisnya membahas mengenai hal itu. Nah dikesempatan saya kali ini, saya akan membuat artikel yang membahas mengenai perbedaan spesifikasi penamaan dari 3 varian VGA Card yang bermerek nVidia yaitu GeForce, Quadro dan Tesla. Jika Sobat melihat dari internet, rata-rata nVidia Quadro memiliki harga yang agak mahal dari pada Geforce, yang paling murah mungkin sekitar 1.5jt, selain itu nVidia Tesla sangat jarang ditemui dipasaran, padahal harganya lebih mahal lagi dari Quadro. Kenapa hal ini bisa terjadi? Untuk lebih jelasnya, yuk ikuti ulasan berikut.

nVidia GeForce
nVidia GeForce adalah kartu grafis harga termurah dari tiga jenis varian yang ada. Kartu grafis GeForce ini dimaksudkan untuk digunakan dalam komputer gaming dan bukan untuk aplikasi rendering. nVidia Geforce dibuat untuk proses kinerja dengan hasil tertinggi selama memainkan game dan mengabaikan kualitas grafis pada komputer, Sobat juga bisa mendapatkan kartu GeForce untuk versi yang sangat baru dibanding dengan GPU Quadro dan Tesla, karena lebih banyak peminat game, sehingga nVidia lebih banyak memproduksinya dan dapat digunakan oleh konsumen umum untuk keperluan hiburan. Ada beberapa model untuk nVidia GeForce, yaitu: Model GS, GSO, GT, GTS, GTX dan Ultra

nVidia Quadro
nVidia Quadro adalah kartu grafis yang dipakai untuk komputer workstation / komputer kerja. Lebih tinggi harganya dibanding GeForce, dimaksudkan untuk kalangan yang memiliki pekerjaan sebagai editor grafis, 3D editor, dan pengguna software-software grafis lainya yang membutuhkan render double polygon (render dual/double polygon artinya tanpa backface-culling). Sehingga lebih baik dalam uji aplikasi rendering (bukan uji benchmark game), lebih banyak memori, dukungan RAM ECC.

Double Polygon artinya pada GPU nVidia GeForce (bukan Quadro) ketika menggambar grafis, bagian texture yang tertutupi/tertimpa oleh poligon lain secara otomatis akan hilang, texture yang dimaksud contohnya ketika sebuah gambar 3D menampilkan kepala dan monitor menyorot bagian depan muka, maka yang tampak adalah wajah saja dan bukan bagian belakang kepala, nah sedangkan bagian texture yang tidak terlihat akan dihapus untuk meningkatkan kinerja dan membebaskan memory VRAM. Sedangkan fitur double polygon pada GPU Quadro merupakan sebaliknya, fitur ini akan membiarkan (tidak menghapus) texture yang tertutupi oleh texture lain, hal ini untuk meningkatkan akurasi perhitungan cahaya, deteksi tubrukan, dan perhitungan grafis lain.

nVidia Tesla
nVidia Tesla adalah Kartu grafis yang difokuskan untuk HPC (High Performance Computing). Untuk perhitungan analisis seperti reli, gen, juga biasa ditemui pada superkomputer dan sejenisnya yang memiliki kekuatan perhitungan floating point yang tinggi. Tidak ada video output seperti yang ada pada GPU GeForce dan Quadro, nVidia Tesla peruntukan untuk komputer yang menggunakan CUDA dan OpenCL.

Pada komputer terdapat bilangan yang disebut sebagai FPU (Floating Point Unit), yang dalam bahasa indonesia memiliki arti nilai setelah titik atau bilangan pecahan. Bilangan ini lebih berat untuk diproses ketimbang bilangan decimal, CPU dan GPU mampu mengolah bilangan FPU, namun pada chip nVidia Tesla mampu melakukan perhitungan bilangan FPU hingga miliaran dalam satu detik. Bilangan FPU berguna untuk meningkatkan akurasi nilai pada citra gambar digital.

Perbedaan Utama
Mungkin Sobat masih bingung mengapa ketiga varian VGA yang berbeda dalam segi fitur dan harga, pada nVidia GeForce dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan hasil bencmark kinerja tinggi dengan menekan harga dan mengabaikan kualitas grafis, selain itu juga ada farian kelas pasar untuk nVidia Geforce dengan harga mulai dari Rp400rb hingga 7Jt-an dan tiap-tiap kelas memiliki fitur dan hasil kinerja yang berbeda-beda, nVidia GeForce bersaing dengan AMD Radeon.

Sedangkan pada nVidia Quadro ditunjukkan untuk hasil kualitas rendering yang menuntut efek dan citra grafis senyata mungkin mendekati efek apa saja yang ada didunia ini, seperti efek bayangan, pantulan cahaya pada air, efek percikan air, dll. Hal ini biasa ditemui pada komputer seseorang yang memiliki pekerjaan sebagai animasi editor, disain, editor grafis, 3D modeling dan pekerjaan yang berhubungan dengan hal itu. Tetapi nVidia Quadro juga bisa dipakai untuk meningkatkan kualitas grafis game, namun sayangnya untuk mendapatkan hasil uji bencmark game (bukan uji rendering) yang setara dengan Geforce, nVidia Quadro bisa datang dengan harga hingga ratusan juta dan ini bersaing dengan AMD FirePro.

Sedangkan pada nVidia Tesla hampir sama dengan Quadro, Tesla dipruntukan untuk hasil tertinggi dalam komputasi bilangan pecahan / FPU (floating poin unit / nilai setelah titik). Beberapa perbedaan dengan Quadro adalah Tesla dapat dipasang hingga ribuan chip tesla, nVidia Tesla bersaing dengan AMD FireStream dan Intel Xeon Phi (tetapi untuk saat ini AMD FireStream sudah tidak diproduksi lagi, entah sampai kapan).

FAKTA
2 superkomputer tercepat di dunia ternyata didukung oleh ribuan chip GPU NVidia Tesla. Superkomputer tersebut yaitu Titan di Oak Ridge National Laboratory dan Tianhe-1A, di Tianjin, Cina.