Cara Membuat Blog Untuk Pemula Gratis



Apa itu Blog? Blog singkatan dari web log adalah web yang berbentuk artikel-artikel dikenal dalam kalangan bloger sebagai posting pada sebuah halaman web. Artikel ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik dimana artikel terbaru diurutan pertama lalu diikuti artikel yang lebih lama, tetapi tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut. Dukun Tekno akan membuat tutorial bagaimana membuat blog pada blogger ( Blogspot.com ) yang telah dimiliki oleh Google.

Pada dasarnya untuk membuat sebuah blog yang menjadi modal utama adalah akses internet, komputer atau laptop, akun google, dan bahan cerita untuk ditulis menjadi sebuah artikel pada blog. Apa untungnya ngeblog? selain blog google juga memiliki produk anakan bernama Adsense, adsense ini lah yang nantinya akan menjadi jalur pendapatan untuk para blogger. namun tidak mudah untuk mendapatkan akun adsense, dibutuhkan artikel Original dan berkualitas supaya blog anda mendapatkan pengakuan dari adsense, hal itu sulit untuk di lakukan bagi beberapa blogger.

Apa yang menjadi tantangan bagi para bloger pemula? pada umunya yang menjadi tantangan adalah artikel yang berkualitas, setidaknya anda harus membuat artikel minimal diatas 400 kata per halaman dan juga harus memiliki kosakata yang baik dan benar. Tentu saja hal ini akan sulit mengingat belum memiliki pengalaman mengetik yang cukup lama, dan biasanya akibat dari ketidak sabaran membuat penulis blog menjadi ingin melakukan aktifitas yang disebut copy paste artikel, dengan mencopy artikel dari blog lain lalu mempaste nya di blog sendiri. Hal ini jelas-jelas dilarang oleh google, akibatnya blog anda bisa saja tidak dapat mengikuti program adsense dan akhirnya anda tidak dapatkan keuntungan dari blog anda.

Bahan
1. Siapkan Akun Email Google, Jika belum punya akun email google ( gmail ) buatlah terlebih dahulu.

Langkah-Langkah
1. Buka Halaman Blogspot.Com.

2. Log In dengan Akun Gmail yang telah anda siapkan.
3. Pilih 'Buat Blog Baru'.
4. Lalu Isi Judul Blog dan Alamat Blog ( pilih alamat blog yang belum dipakai orang lain ).
5. Lalu Pilih Buat Blog. Dan sampai tahap ini anda telah memiliki blog, tinggal membuat artikelnya.

Itulah cara membuat blog, terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika anda masih belum paham tentang cara membuatnya atau mengembangkan, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang masih kurang mengerti mengenai hal bloging karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian tips blog dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan dan Semoga berhasil.