Cara Cek Copy Paste / Copas Dari Document Microsoft Word

Cara Cek Copy Paste atau Copas Dari Document Microsoft Word. Pada zaman sekarang memang sudah banyak sekali media informasi yang mudah sekali untuk bisa di duplikasi kontennya, termasuk menduplikasi informasi diinternet ke dockument Ms. Word. Perilaku melakukan plagiarisme artikel yang seperti ini marak terjadi pada kaum Pelajar SMA dan Mahasiswa untuk mengerjakan tugas sekolah/kuliah. Nah, bagi seorang dosen atau guru tutorial ini tentu amat cocok, karena dapat menseleksi artikel-artikel yang didapat dari hasil copas atau tidak.

Langkah Cek Keaslian Artikel Tulisan Tangan Sendiri
1. Pertama bukan situ http://smallseotools.com/plagiarism-checker/
2. Copy text dari dockumen yang ingin di cek keasliannya lalu pastekkan ke kolom yang ada tulisan "Copy and Paste your text below". Seperti gambar berikut.
3. Setelah itu tekan tombol berwarna hijau yang bertuliskan "Check Plagiarism". Maka situs tersebut akan menampilkan kalimat atau deretan kalimat yang dianggap telah melakukan plagiat / copas.

Tambahan
  • Anda harus mengecek, jika hasil Unique dibawah 80% bisa dikatakan artikel merupakan hasil copas, namun jika diatas 80% berarti ada kemungkinan lolos plagiarism namun anda harus tetap mengecek karena ada kemungkinan mahasiswa ini sudah mengeditnya. Usahakan semua mahasiswa mempunyai Unique 100% dan tanpa tanda Plagiarized merah
  • Cara mengeceknya gimana jika ada Plagiarized? enter saja tanda Plagiarized atau kalimat yang melanggar, anda akan dialihkan ke google dan website yang sudah memuat tulisan yang dicopy paste.
  • Bagaimana jika tool dari situs ini sudah tidak berfungsi? Ah Anda bisa cari di google banyak sekali koq situs yang menyediakan fungsi ini. Cari dengan kata kunci “cara mengecek tulisan yang copy paste”

Tips dan Saran
  • Pihak Universitas harus mengadakan pelatihan kepada dosen tentang plagiarism supaya mahasiswa tidak perlu melakukan kegiatan copas.
  • Universitas harus membuat atau membeli plagiarism tools PREMIUM yang bisa digunakan oleh dosen.
  • Dosen wajib banyak membaca buku sehingga tidak dibodohi oleh mahasiswa terutama buku yang sering digunakan sebagai referensi oleh mahasiswa.
  • Universitas wajib membuat lembaga khusus anti plagiarism
  • Skripsi lama wajib dibuat database atau aplikasi yang bisa diakses otomatis untuk mengecek skripsi baru.

Diatas merupakan sedikit saran mengenai Cara Cek Copy Paste / Copas Dari Document Microsoft Word. Sekian tutorial dari saya semoga bermanfaat,
RELATED POST
Disqus Comments