Tips Dan Trik Cara Meningkatkan Kecepatan Laptop Notebook

asus X454WA
Notebook Asus X454WA
Masalah umum pada laptop adalah performa yang lemot dan lamban dalam menagani tugas aplikasi, Banyak waktu yang terbuang sia-sia hanya karena menunggu proses aplikasi yang lama, padahal hal ini bisa anda tingkatkan kecepatanya. Ada beberapa tips dan trik dari saya agar performa laptop atau notebook bradar kembali fresh dan lebih cepat!.

Tambah RAM
Ram soddim laptop ddr3L 8gb sk hynix
RAM SODIMM Laptop Notebook DDR3L 8GB SK Hynix HMT451S6BFR8A
Menambah RAM menjadi 2 keping dapat meningkatkan kecepatan laptop secara keseluruhan, menggunakan dua keping RAM biasa disebut modus Dual Channel. Selain ukuran RAM yang bertambah, kecepatanya pun ikut bertambah menjadi 2 kali lipat. Sebelum mebeli RAM baru pastikan laptop / notebook anda memiliki slot RAM tambahan agar bisa di pasang RAM baru.

Kapasitas Memori
Pada OS Windows setidaknya membutuhkan kopasitas memory 10% yang masih kosong untuk tiap partisi (bukan Disk), hal ini digunakan OS untuk melakukan tugas latar belakang dan menyimpan pengaturan perilaku partisi. Seperti menyimpan data Virtual Memory dari RAM, menyimpan file chace, dll.

Ganti HDD Dengan SSD
Tips lain adalah mengganti HDD dengan SSD, SSD memiliki kecepatan berlipat dibanding HDD. Hal ini juga akan meningkatkan kecepatan laptop secara keseluruhan. Seperti Boot yang cepat termasuk proses Shutdown. Namun sayangnya harga SSD tergolong mahal, bisa sampai antara 5 - 8 kali lipat dari harga HDD.

Jika ke 2 solusi diatas tergolong berat karena harus mengeluarkan biaya, solusi dibawah mungkin bisa dibilang gratis, tinggal dipraktekan saja. Seperti biasa, Saya urutkan dari yang paling menguras performa laptop bradar.

Akibat Virus
Mengapa ada program disebut virus? itu karena program tersebut mampu menggadakan diri seperti halnya virus biologis. Tapi kenapa tidak disebut bakteri ya? kan bakteri juga bisa menggadakan diri, hhe abaikan!. Satu virus komputer dapat mengganggu performa laptop, bagaimana jika virus tersebut menggandakan diri? berapa banyak performa komputer yang terbuang dan menyebabkan laptop atau notebook terasa lemot cobak.

Biasanya klo sudah terlalu akut atau terlalu banyak virus yang menyerang laptop, solusi terbaik adalah inul alias instal ulang. Dan jangan lupa kalo sudah instal ulang, instal juga antivirus terbaru, berikut daftar antivirus terbaik didunia versi dukuntekno.

Terlalu Banyak Malware
Apa itu malware? malware itu klo dilihat seperti sebuah aplikasi / program biasa, seperti aplikasi gratis yang lain. Bedanya ketika diinstal, dia mengambil alih komputer, kebanyakan malware menginstal aplikasi yang gak jelas yang bertujuan buat exsis si situs tertentu atau dengan tujuan tertentu, biar tambah terkenal gitu. Tetapi klo ketemu malware yang galak, yah langsung mati laptop kamu. makanya jangan asal instal aplikasi ini itu, berikut solusi buat atasi malware.

Hapus Aplikasi Sampah
Mungkin ada yang gak sadar karena udah terlalu lama pake laptopnya dan udah berapa aplikasi yang telah diinstal. Buka Program and feature yang ada di Control Panel, lihat aplikasinya yang kepake dan uninstal. Walau aplikasi yang terinstal tidak terbuka, biasanya program tersebut berjalan dilatar belakang. Dan itu dapat menyebabkan laptop kamu tambah lelet :P.

File Sampah Yang Sudah Menumpuk
Banyak file yang bisa dikategorikan sebagai sampah, contohnya seperti file-file yang ada di folder Temp, folder ini biasanya digunakan Windows untuk aktifitas sementara, namun terkadang Windows lupa untuk menghapusnya, yah mungkin Windows mengira jika kalau sewaktu-waktu file-file tersebut bakal di pakai lagi.

Selain folder temp ada folder lain yaitu prefech, untuk menyimpan daftar program yg sering dibuka dan juga termasuk file chace. Menghapusnya tidak akan membuat laptop tambah lemot malah ada kemungkinan windows anda jadi tambah mbarik alias kenceng hhe. Oh yaa, gunakan aplikasi CCleaner untuk menghapus file sampah (termasuk file temp dan prefech) biar lebih aman.

Gunakan Aplikasi Mempercepat Performa
Ada aplikasi untuk mempercepat performa Windows. Saya merekomendasikan AVG Tune UP, aplikasi ini bekerja dengan mematikan fitur-fitur yang tidak digunakan oleh anda. anda dapat melakukan pengaturan fitur manasaja yang ingin anda matikan. Dan satu lagi, aplikasi ini dibuat oleh developer terkenal, jadi anda tak perlu kawatir soal kualitas aplikasi tersebut.

Gunakan OS Lite Version
Menggunakan OS lite verision atau hasil remastering dapat meningkatkan performa, hal ini karena OS dengan versi lite memiliki fitur yang dikurangi, sehingga OS menjadi ringan karena tidak banyak menuntut performa tinggi atas hardware. Versi lite direkomendasikan bagi anda yang memiliki pekerjaan seperti mengetik atau blogging, tidak direkomendasikan untuk programer atau pengembang software.

Itulah uraian mengenai tips dan trik cara meningkatkan kecepatan laptop dan notebook bradar, terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika anda masih belum paham, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang membingungkan anda karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian tips dan trik dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan dan Semoga berhasil meningkatkan performa laptopnya.

Related Posts:

0 Response to "Tips Dan Trik Cara Meningkatkan Kecepatan Laptop Notebook"

Post a Comment