Apa Itu Bloatware?

Anda pernah melihat aplikasi yang tidak diketahui fungsinya dan kegunaanya? atau anda hanya abai dan tidak memikirkan hal itu?, artikel saya yang satu ini mungkin akan memberi wawasan lebih bagi anda tentang beberapa jenis aplikasi yang tidak diketahui tujuan di buatnya, disini saya akan mejelaskan tentang aplikasi bloadware.

Istilah Bloatware cukup jarang disebut karena memang sifatnya yang tidak terlalu menonjol, saya sendiri sebelumnya tidak terlalu mengerti apa itu bloatware hingga ada yang memosting kata-kata tersebut. Namanya hampir identik dengan Software, Malware, Spyware dan sebelum mengetahuinya istilah Bloatware dengan benar, saya samakan bloadware dengan program malware karena menurut saya jauh lebih identik, Untuk menghindari kesestan dalam pikiran saya, saya mulai searching di internet mengenai aplikasi bloadware.

Apa Itu Bloatware?
Bloatware adalah aplikasi-aplikasi bawaan pabrik yang terinstal pada device atau perangkat tertentu, termasuk Komputer Windows dan Android dimana aplikasi ini memiliki kegunaan yang tidak dibutuhkan dan umumnya tujuan aplikasi yang tidak jelas. Ada beberapa penyebab aplikasi bloatware diinstal oleh vendor perangkat, contohnya seperti Kontrak kerja, Periklanan, dll.

Apakah Bloadware Berbahaya?
Bloadware tidaklah berbahaya dan tidak pula merugikan secara langsung, bloadware hanya dikategorikan sebagai aplikasi sampah. Jika memang ada aplikasi bawaan pabrik yang merugikan pastinya itu bukan bloadware, bisa jadi aplikasi tersebut merupakan Malware.

Apa Efek Samping Dari Bloatware?
Walau tidak menimbulkan bahaya, bloadware menyebabkan beberapa masalah sistem. Seperti penumpukan file sampah yang akhirnya memakan ruang kosong pada memory, Memakan resource komputasi CPU karena beberapa bloatware berjalan dilatar belakang, ini akan mengurangi kinerja dan performa sistem dan biasanya menyebabkan sistem akan lebih lama ketika proses booting dan shutdown.

Apakah Bloadware bisa dihapus?
Boaldware bisa dihapus, tetapi beberapa diantaranya harus menggunakan tehnik khusus. Contoh jika anda menggunakan android maka harus melalui metode rooting terlebih dahulu agar bisa menghapus aplikasi Bloatware. Namun jika anda menggunakan OS Windows anda bisa menghapous aplikasi bloadware melalui metode remastering, berikut cara remastering Windows Cara Remastering Windows 7.

Berikut Kumpulan Aplikasi Yang Bisa Dikategorikan Bloatware Pada Android
Daftar Aplikasi Bloatware Bawaan Semua Android
Google TalkBack
Play Newstand
Play Books
Google Drive
Text to Speech
Feedback
Google Bookmarks Sync
Google Partner Setup
Print Spooler (jika pernah dipakai print)
Play Movies & TV dan lain-lain

Daftar Aplikasi Bloatware Pada Samsung
Galaxy Apps
S Planner
S Lime
Samsung Account
Samsung Billing
Samsung In App Purchase
Samsung Push Services
Safety Information
PageBuddyNotisvc
Kies

Daftar Aplikasi Bloatware Pada Lenovo
Lenovo Sync
LeCalendar
VLife Lenovo
Lenovo Weather
LenovoWeatherAppThemePlus
Log Kit
Lenovo Theme Center
Lenovo Safe Center
Basic Dreams

Daftar Aplikasi Bloatware Pada Sony Experia
Antradio Service
Digital Clock Widget
Live Ware Manager
Pro tips
Sony Sync
User Support
Weather Widget
Widget Analog Clock
Calendar Widget
Digital Clock Widget
Most On/Off Widgets
Timer Widget
World Clock Widget

Dafta Aplikasi Bloatware Pada Xiaomi
Bank Cards
Black Hole
Bubbles
Google Pinyin Input
Live Wallpaper Picker
Phase Beam
Assistant
Magic Smoke Wallpapers
Music Visualization Wallpapers
Aplikasi-aplikasi China

Sebenarnya masih banyak aplikasi bloadware di perangkat android. Anda bisa saja menghapus aplikasi mesengger dan anggap saja sebagai aplikasi bloadware jika memang aplikasi ini benar-benar tidak berguna bagi anda. Selama anda menghapus aplikasi yang tidak menunjang aktifitas dan kebutuhan anda termasuk juga aktifitas sistem operasi, hal itu akan aman-aman saja dan smartphone android akan berjalan dengan normal, maka dari itu jika anda menemui aplikasi yang terasa seperti aplikasi sampah, lebih baik tanyakan dengan pengembang di forum-forum developer seperti situs https://www.xda-developers.com/, gunanya untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut aman untuk di hapus.

Akhir acara, itulah penjelasan mengenai aplikasi bloadware, terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika anda masih belum paham tentang penjelasan saya mengenai aplikasi bloadware, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang membingungkan anda karena tentu saya akan menjelaskan dengan sebaik-baiknya. sekian tips blog dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan, Thanks!.

Related Posts:

0 Response to "Apa Itu Bloatware?"

Post a Comment