Apa Itu Bad Sector?

Plater Head Hdd Hard Disk
Apa Itu Sector? 
Sector Pada HDD adalah sekelompok penyimpanan data pada plater yang merupakan bagian dari himpunan track di permukaan platter. Secktor memiliki alokasi dari 512 byte hingga 4Kb. Pengelompokkan dilakukan agar mesin lebih mudah dalam menemuka data yang dicari yang berada di plater.

Apa Itu Bad Sector? 
Bad Sector adalah kerusakan sector pada plat Hard Disk Drive, ini merupakan kerusakan fisik yang bisa dibilang tidak bisa diperbaiki. HDD memiliki bagian yang disebut Plat / Platter tempat sector-sector berada sebagai tempat penyimpanan data digital. Ketika terjadi bad sector, sector tersebut tidak dapat menyimpan data / datanya menghilang, sehingga HDD akan mengalami error karena berusaha membaca data akibat dari terus menerus mencari alamat memory yang hilang. Hal ini menyebabkan Blue Screen atau komputer mengalami Freeze / Beku.

Bagaimana Bad Sector Itu Bisa Terjadi? 
Ada banyak kondisi yang menyebabkan Hardisk mengalami bad sector, umunya disebabkan head menggores piringan Platter atau bisa juga hilangnya kemampuan sector untuk mengunci muatan magnet akibat panas berlebih. Berikut lebih lengkap tentang beberapa kondisi yang menyebabkan Badsector pada HDD:
  • Mati Lampu / Arus Listrik Terhenti ketika HDD menulis data, ketika menulis data jarak antara Head dengan Platter bisa hanya 1 atom. Hal seperti ini menyebabkan resiko lebih besar menyebabkan kerusakan badsector ketika head bersentuhan dengan platter.
  • Overheat atau panas berlebih, panas berlebih dapat merusak sector. Cara kerja HDD ketikan menyimpan data dengan mengunci muatan magnet didalam bahan tertentu, panas dapat membuat bahan tersebut kehilangan sifat pengunci magnet.
  • Benturan Pada HDD, HDD rentan terhadap goncangan, benturan dapat menyebabkan tekanan udara berubah dengan cepat. Tetapi bisa juga kerusakan akibat dari head menggores platter ketika terbentur benda keras.
  • Debu, Debu yang masuk ke dalam HDD dapat menyebabkan bad sector.
  • Produk Gagal, Bad Sector bisa diakibatkan oleh gagal produksi yang menyebabkan cacat bawaan.

Perangkat Apa Saja Yang Bisa Terkena Bad Sector? 
Bad Sector bisa di temui pada semua memory digital yang menggunakan alokasi sector memory seperti flash memory ( SSD, Flashdisk, SD Card, dll ), namun kebanyakan lebihbanyak di temui pada HDD karena memang secara fisik lebih rentan dengan kerusakan.

Apakah Badsector Dapat Diperbaiki? 
Jawabanya adalah Tidak. Walaupun tidak dapat diperbaiki namun bisa diakali, contohnya mempartisi atau membagi HDD menjadi 2 partisi, partisi satu yg berisi bad sector dan partisi yang lain yang memiliki sector-sector yg masih normal. atau bisa juga dengan menggati plater dari HDD yg lain alias kanibal. Ingat! cara apapun yg menggunakan software yang sering dijelaskan oleh artikel lain diinternet seperti CHDSK, HHD Regenerator, atau cara-cara yg lain, hal semacam itu tidak akan membantu, ini adalah kerusakan fisik tidak bisa diperbaiki melalui software.

Sebaiknya jika anda mulai menemukan tanda-tanda bahwa HDD anda mulai mengalami masalah, lebih baik anda back up data anda / memindahkan data anda ke HDD yang masi bagus. Hal ini untuk menghindari resiko kehilangan data penting jika sewaktu-waktu HDD rusak total. Lebih baik sedia payung sebelum hujan bukan begitu? Terimakasi untuk pembaca setia Dukun Tekno :)

Diatas merupakan ulasan mengenai Bad Sector pada HDD, terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika anda masih belum paham tentang apa yang saya jelaskan atau ada pertanyaan lain, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagianmana yang ingin lebih anda pahami karena tentu saya akan merespon dengan sebaik-baiknya. sekian penjelasan dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan. Terimakasih!.

Related Posts:

0 Response to "Apa Itu Bad Sector?"

Post a Comment