Cara Masuk Ke Menu Boot Recovery Mode Pada Windows 8, 10 Dukun Tekno

Cara Masuk Ke Menu Boot Recovery Mode Pada Windows 8, 10


Recovery Mode adalah sebuah mode diagnostik pada sebuah sistem operasi dan selama mode tersebut, sistem operasi menghilangkan beberapa fungsi dan fitur utamanya, hal ini digunakan untuk menghentikan program seperti virus supaya tidak aktif, atau juga kesalahan software yang fatal seperti Driver. Recover Mode kebanyakan digunakan teknisi untuk melakukan perbaikan pada lapisan sistem yang tidak dapat dijangkau pada mode biasa. Pada OS windows 8 dan 10, cukup sulit untuk masuk ke menu recovery, mungkin tips berikut akan membantu.

Cara 1. Gunakan Tombol Shift + F8 Saat Boot ( Tidak Bekerja Pada UEFI & SSD ).
Pada Windows 7, Anda dapat menekan F8 sebelum Windows memuat sistem untuk membuka jendela Advanced Boot Options, seperti pada Windows 7 di mana Anda bisa memilih untuk memulai di Safe Mode.

Beberapa situs menyarankan Anda untuk menekan Shift + F8, sebelum Windows 8 atau 8.1 mulai memuat sistem supaya anda bisa masuk ke mode recovery, yang anda dapatkan dari Safe Mode. Masalahnya adalah bahwa, tombol Shift + F8 dan F8 terkadang tidak bekerja, meskipun benar hal ini didukung oleh OS Windows 8 dan Windows 8.1.
Melihat posting blog resmi dari Microsoft, bahwa Microsoft telah merancang agar windows 8 dan 8.1 boot lebih cepat daripada sebelumnya, hal ini menjelaskan bahwa penyebab tombol Shift+F8 tidak bekerja yang disebabkan oleh proses windows dalam melakukan sebuah prosedur boot sangat cepat. Windows 8 dan Windows 8.1 memiliki waktu booting tercepat yang pernah dirancang oleh microsoft. Mengutip Steve Sinofsky:

"Windows 8 memiliki masalah, itu benar-benar dapat boot terlalu cepat, pada kenyataannya, bahwa tidak ada waktu lagi untuk apa pun untuk mengganggu booting Ketika Anda menghidupkan Windows 8 PC, tidak ada lagi waktu yang cukup untuk mendeteksi penekanan tombol seperti F2 atau F8, apalagi waktu untuk membaca pesan seperti "Tekan F2 untuk setup." untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade, Anda tidak akan lagi dapat mengganggu boot dan memberitahu PC Anda untuk melakukan sesuatu yang berbeda."

Jika Anda memiliki PC modern dengan BIOS UEFI dan SSD dengan kecepatan drive yang cepat, Anda tidak dapat menggunakan prosedur Shift+F8. Pada PC yang lebih tua, dengan BIOS klasik dan tidak ada drive SSD, menekan tombol ini mungkin masih bekerja, walupun sesekali.

Cara 2. Gunakan msconfig.
1. Tekan dan tahan logo Windows+R, isikan msconfig. Maka terbuka System Configuration.
2 Cara Termudah Masuk Ke Menu Boot Recovery Mode Pada Windows 8, 10

2. Buka tab boot > boot option > centang safe boot > OK. Restart komputer.
2 Cara Termudah Masuk Ke Menu Boot Recovery Mode Pada Windows 8, 10

Diatas merupakan tutorial cara masuk ke menu Boot Recovery pada OS Windows 8 dan 10. terimakasih telah berkunjung di situs dukuntekno, mohon maaf jika ada penulisan yang salah, dan jika anda belum mengerti tentang tutorial diatas, saya sangat senang sekali jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang masih membingungakan anda. tentu saya akan membalas dan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian tutorial dari dukuntekno, semoga berhasil!.