Mantra Sakti Dukun Teknologi

Pengertian CISC, Dan RISC



Dukun Tekno akan membahas mengenai arsitektur prosesor yang cukup umum di terapkan pada komputer desktop yaitu CISC dan Mobile yaitu RISC. Di dunia digital sendiri masih menjadi perdebatan antara CISC dan RISC mengenai berbedaan di antara keduanya.

CISC ( Complex Intruction Set Computing ) dan RISC ( Reduce Intruction Set Computing ) adalah istilah untuk penamaan tentang arsitektur komputer, C pada CISC adalah Complex artinya sebuah CPU yang memiliki Set Intruksi yang komplek. Sedangkan R di RISC adalah Reduce ( Mengurangi ) yang artinya Set Intruksi yang dikurangi.

Istilah Set Intruksi pada arsitektur komputer mencakup: Pemrograman, Tipe data, Intruksi, Register, Mode Pengalamatan, Arsitektur Memory, Interupsi, penanganan Interupsi, dan External I/O. CISC sendiri adalah istilah umum untuk menyebutkan segala sesuatu yang bukan RISC, Beberapa artikel menyebutkan bahwa untuk membedakan dengan pasti antara CISC dan RISC dengan melihat operasi LOAD / STORE dimana operasi ini hanya di pakai dan pasti di pakai pada arsitektur RISC, Saat ini hampir semua prosesor menggunakan desai RISC.

CISC ( Complex Intruction Set Computing )

Adalah Desain prosesor dimana satu intruksi dapat menjalankan operasi tingkat rendah ( Akses memori, operasi aritmatika, dan penyimpanan memory ), dan Multi Operasi.

Ciri - ciri:

- Multi Operasi.
- Membutuhkan daya yang besar dari pada RISC.
- Sedikit Register.
- Lebih banyak alamat memory.
- Set Intruksi sangat besar lebih dari 300 intruksi terpisah.
- Set Intruksi yang komplek membuat Kompilasi kode lebih cepat.
- Mode pengalamatan lebih kusus dan dengan intruksi yang panjang dan variable.
- Intruksi dapat langsung mengisi memori di 2 lokasi alamat yang berbeda.
- Contoh prosesor Intel x86

RISC ( Reduce Intruction Set Computing )

Konsep Umum tentang RISC adalah system sangat kecil, optimasi intruksi yang tinggi, ciri umum lain adalah penggunaan LOAD/STORE.

Ciri - ciri:

- Operasi antri.
- Membutuhkan daya yang lebih sedikit dari CISC.
- Menggunakan banyak register.
- Lebih sedikit Alamat memory.
- Set intruksi lebih sedikit.
- Kecepatan eksekusi meningkat, jumlah transisitor menurun.
- Contoh prosesor ARM

Kesimpulan
Sekema komputasi: kiri CISC, kanan RISC

Walau saat ini banyak prosesor menggunakan arsitektur RISC, RISC tidak lebih baik dari CISC namun biasanya dikarenakan RISC lebih sederhana dan konsumsi daya yang rendah sehingga cocok untuk perangkat mobile yang hanya memiliki baterai dengan daya yang terbatas.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+