Mantra Sakti Dukun Teknologi

Daftar Lisensi Yang Ada Pada Windows



Artikel ini akan menjelaskan fungsi lisensi dan bentuk pemanfaatanya yang ada pada Sistem Operasi Window 7. Dari sisi marketing OS Windows terbagi 3 segmen lisensiyaitu: OEM, OLP, FFP.

OEM (Original Equipment Manufacturing) Lisensi yang tertana dalam Perangkat keras dan tidak dapat di pindah ke perangkat keras lainya. Seandainya Perangkat keras rusak lisaensi akan otomatis hangus. Lisesnsi ini ada pada Prosesor, Motherboard ataupun keduanya. ketika menggunakan Windows secara otomatis akan mendeteksi: Display Adapter, SCSI Adapter, IDE Adapter, Network Adapter MAC Address, ukuran RAM, Prossessor type, Prossessor serial number, Hard Drive, Hard Drive Volume Serial Number, CD-ROM/CD-RW/DVD-ROM. 1 lisensi berlaku untuk 1 Perangkat keras COA (Certificate of Authencity) atau bukti kepemilikan harus ditempel pada prossessor.

OLP (Open Lisensi Program) Lisensi ini melkat atas nama perusahaan dan dapat di pindah ke perangkat dalam satu merek atau perusahaan. Tersedia untuk Vista Business versi upgrade harus memiliki versi OEM.

FPP (Full Package Product) Lisensi melekat pada pemilik COA berada di XBox dan pembuktian lisensi tidak boleh hilang. Jika perangkat keras rusak lisensi ini bisa di pindahkan. hampir sama dengan OEM tetapi lisesnsi ini bisa di pindah ke perangkat keras yang lain. FFP juga bisa untuk semua komputer yang dimiliki.