Cara Atasi Masalah Pesan Error 0xc000007b

Sistem Operasi Windows 7, 8, 10 adalah Sistem Operasi yang canggih di desain secara khusus agar mudah digunakan, terutama ketika membuka sebuah game atau aplikasi. Namun program terkadang tidak berjalan dengan semestinya dan error, salah satunya muncul pesan error 0xc000007b. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani error 0xc000007b

Masalahnya pesan error ini muncul karena bukan satu faktor saja penyebabnya, saya sendiri juga tidak terlalu megerti penyebab utamanya, berbagai situs saya kunjungi untuk menghilankan error namun juga tidak efekti, artinya harus ada lebih dari satu cara untuk mengatasinya, berikut ada beberapa langkah yang mungkin bisa menghilangkan pesan Error tersebut, saya urutkan dari langkah termudah.

Run As Administrator
Memang tidak di sangka namun beberapa error ini bisa di atasi dengan Run As Admin, error 0xc000007b yang solved dengan Run as Admin biasanya ketika proses instalasi Software.

Compatibility
Error juga bisa di sebabkan karena kompatibilitas program, contohnya aplikasi yang di buat untuk Win XP di jalankan di Win 8. Untuk menanganinya caranya sebagai berikut.
  1. Pada file Execute / Shortcut klik kanan > Property.
  2. Buka tab Compatibility > Centang Run this program in Compatibility Mode.
  3. Pilih OS nya.

Audio Terdisable
Ini bisa disebabkan karena driver tidak terinstal atau anda menggunakan driver audio versi lama, atau juag audio di disable dari Services windows. berikut tips untuk perangkat audio yang terdisable.
  1. Instal audio driver versi terbaru.
  2. Ketik Home ( Logo Win ) + R > isi 'services.msc' > Enable dan set Automatic pada semua baris yang menggunakan istilah audio / sound.

Instal C++, Net. Frame Work Dan DirectX
Jika Error 0xc000007b muncul ketika bermain game, cobalah instal 3 aplikasi yang saya sebutkan di atas. Untuk .Net dan VC++ download dari situs resmi yaitu Microsoft agar lebih aman, sedangkan Direct silahkan download pada link di bawah. .Net ( Framework ) ada bebrapa versi, instal semuanya begitupun VC++ ( Visual C Plus-plus ) instal semua versi dari 2005 sampai 2015.
DirectX9

Reinstal Aplikasi
Reinstal aplikasi dapat memperbaiki jenis error ini, ini mungkin di sebabkan karena ada file korup atau hilang dari bagian aplikasi tersebut.

Repair Hard Disk Drive
Error ini bisa juga di sebabkan karena bad sector, merepair HDD bisa di lakukan sebagai berikut:
  1. Run as Admin aplikasi CMD deagan cara > Start > All Program > Accessories > Comand Promp > Klik kanan > Run as Admin.
  2. Ketikan chkdsk c: /f /r > lalu Enter.
  3. Jika muncul nontif klik OK, maka akan restart lalu proses Repair sedang di lakukan

Aplikasi 64bit Berjalan Di 32bit
Error ini juga dapat muncul ketika anda menggunakan aplikasi 64 bit di OS 32bit. kemungkinan besar, satu-satunya cara untuk mempernaiki masalah ini adalah dengan menggani OS anda dengan OS 64 bit.