Daftar Error Game GTA SA Android Plus Cara Atasinya

Android merupakan game paling populer didunia, awal kemunculanya datang pada konbsole Playstaion2 semenjak itu pihak produsen rockstar game mulai membuat versi untuk platform lain terutama untuk platform android. Akan tetapi banyaknya varian spesifikasi hardware dan sistem operasi Android menyebabkan masalah kompatibilitas pada game GTA SA, berikut saya telah mengumpulkan berbagai error yang ada pada game GTA SA Android. Dari pengalaman saya, saya sendiri lebih sering mengalami error dengan pesan "Download Error Because You May Not Have Purchase This App" ketika disuruh menginstal game ini oleh teman-teman saya ke perangkat android mereka yang memiliki sepesifikasi dan versi android yang berbeda-beda. oke deh, berikut daftar error yang mungkin bisa ditemui pada game GTA SA plus cara memperbaikinya.

Error Dengan Pesan "Download Failed Because You May Not Have Purchased This App"
Error ini kebanyakan disebabkan oleh kesalahan dalam menempatkan data game GTA SA, ketika anda mendownload file game GTA SA Android disuatu situs tidak resmi (buka Playstore) maka ada dua yang harus didownload yaitu file apk dan file data.zip (atau juga dalam bentuk data.rar). Didalam file data.zip akan ditemukan dua folder yaitu folder Data dan folder Obb. Folder data harus ditempatkan pada folder sdcard0/android sehingga menjadi sdcard0/android/data dan folder Obb harus ditempatkan pada sdcard0/android sehingga menjadi sdcard0/android/obb. Ingat sdcard0 berarti di memory internal sedangkan sdcard1 berarti di memory external.

Error Dengan Pesan "Unfortunately, App Has Stoped Error"
Error ini biasanya disebabkan oleh data chace suatu aplikasi termasuk GTA SA yang mengalami error, untuk memperbaikinya buka Manager Aplikasi > buka gamenya > lalu hapus semua data chacenya dengan cara klik clear chace and data. Jika anda melakukan hal ini maka data save game akan hilang dan anda akan mengulangi permainan dari awal lagi. Error ini juga ditemukan pada aplikasi yang lain, kebanyakan terjadi pada OS Android yang telah di mod firmware.

Error Dengan Pesan "GTA SA Has Stoped Working"
Error ini disebabkan oleh kompabilitas program game, kebanyakan error ini dialami oleh pengguna android dengan Android versi Kitkat atau android versi 4.4.2 dan biasanya juga versi Game GTA SA nya adalah versi 1.01 -1.03. Untuk mengatasinya ada harus mendownload GTA SA versi khusus yang disesuaikan untuk versi android kamu, ini karena android memiliki baberapa versi seperti Jellybean, kiktat, lolipop, dll. Atau anda bisa menginstal GTA SA versi 1.0.8.

Error Black Screen Ketika Loading Dan Force Close
Error ini ditandai ketika pertama kali membuka GTA SA maka layar langsung hitam dan tidak memunculkan pesan apapun terkadang juga anda dapat masuk ke menu permainan tetapi ketika menekan tombol Play GTA akan loading lalu keluar dengan sendirinya. Error ini disebabkan pada bagian GPU, untuk mengatasinya anda bisa menggunakan aplikasi GL Tool, pada pengaturan GL Tool aktifkan force 16 bit rendering, optimize GLSL shader, enable texture decompressor (all texture) dan terakhir centang use fake GPU info, setelah itu save pengatura dan keluar dari GL Tool (ini wajib).

Texture Orang Berwarna Putih Untuk Chipset Intel
Error ini kebanyakan terjadi pada smartphone Android dengan chipset Intel, ini dikarenakan game GTA SA android memiliki bahasa pemrograman yang berbeda dengan intel dan ini menyebakan error salah satunya adalah texture orang yang berwarna putih, tetapi error dengan tektur berwarna putih juga bisa ditemui pada chipset dengan GPU PowerVR dan Mali. Solusi kali ini hanya membahas untuk chipset intel karena error pada chipset dengan GPU mali saya sendiri masih belum mendapatkan solusi yang tepat, beriku tutorialnya.
1. Bahan
2. Cara Memperbaiki
  • Pindahkan file timecyc.dat yang telah di download ke Android/data/com.rockstargames.gtasa/files/data/. jika belum ada folder data, maka anda buat dulu foldernya.
Nah, diatas merupakan kumpulan error pada game GTA SA, jika anda memiliki jenis error yang lain anda bisa bertanya, mungkin saja saya telah menemukan solusinya dan lupa atau tak sempat untuk mengupdate artikel ini. Saya mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan jika masih error walau telah mengikuti tutorial diatas saya sangat senang jika anda berkomentar atau menghubungi saya lewat facebook, jangan lupa untuk menyertakan model smartphone dan versi android ketika bertanya.