Cara Nonaktifkan Talkback Respon Suara Dari Touchscreen Layar Android

talkback logo
Banyak sekali fitur-fitur yang telah ditanamkan pada smartphone android, mulai dari spesifikasi hardware dan software yang inovatif. Tak ayal jika smartphone android pun kini telah menjadi smartphone sejuta umat dan menggerser pesaingnya terdahulu bernama Nokia. Tetapi disini saya akan membahas salah satu fitur Android yang bernama Talk Back, ini merupakan fitur yang langsung tertanam kedalamsemua  OS Android sehingga android manapun pastinya akan memiliki fitur ini, berikut penjelasanya versi dukuntekno ;).

Penjelasan
Fitur talkback akan membuat Android anda menjadi membaca semua text yang terdeteksi pada layar smartphone android, tujuan dari dibuat fitur talkback adalah untuk membantu para tunanetra supaya lebih mudah dalam mengoperasikan smartphone android. Cara kerjanya sederhana yaitu dengan cara dimana android akan mengucapkan semua text yang tersentuh oleh jari-jari para tunanetra, Dibutuhkan 2 kali sentuhan untuk mengoperasikan android dengan fitur talkback, sentuhan pertama untuk membaca text, dan sentuhan ke 2 untuk mengoperasikan atau eksekusi tombol, contoh jari menyentu tombol Option maka android akan membaca 'Option' lalu sentulah kembali untuk membuka pilihan Option.

Masalah muncul ketika kita tidak mengetahui kegunaan fitur talkback dan tanpa sengaja kita telah mengaktifkan fitur talkback. Pencet ini pencet itu tidak ada yang merespon, yang muncul malah suara wanita yang membaca text di permukaan android. Saya sendiri menulis artikel ini gara-gara ini merupakan salah-satu pengalaman pribadi mbah dukun teknologi, dimana waktu itu teman saya tak sengaja mengaktifkan fitur ini, dia pun bingun dan meminta saya untuk memperbaikinya.

Share Pengalaman
Dulu ada teman saya yang memiliki android samsung, tanpa sengaja ia telah mengaktifkan fitur talkback pada smartphonnya. Sudah dua hari dia di bikin pusing dengan fitur ini dan mengaku kesulitan jika ingin membaca pesan dari teman-temanya, diapun mulai menghapiri saya dan meminta untuk diperbaiki smartphone androidnya. Lucunya sayapun tak mengerti apa yang terjadi dengan smartphonenya, saya yang pada waktu itu belum mengetahui fitur talkback juga dibikin pusing.

Memulai dengan eksperimen mematikan aplikasi di task manager. saya coba-coba untuk menonaktifkan semua fungsi audionya termasuk aplikasi pemutar lagu, suaranya pun menghilang tetapi tidak lama kemudian suaranya kembali lagi. semakin bingung dengan masalah ini, saya tak mulai memperhatikan ada logo tangan diatas layar, dan saya pun mulai curiga mungkinkah aplikasi ini yang menyebabkan masalah ini. Cari di google tentang logo tangan di android ternya itu adalah aplikasi talkback. Hefiuhhh!! masalahpun kelar di saat itu juga, sempet dibikin bingun juga saya hhe BTW langsung ke tutorianya aja ya.

Langkah Menonaktifkan TalkBack Logo Simbol Tangan
1. Buka Pengaturan/Setting
2. Gulir kebawah > Aksesbilitas (Logo Tangan).
3. Jangan Centang Pemintas Aksesbilitas Dan Disable Talkback.

Nah itulah cara nonaktifkan fitur talkback yang memberikan respon suara dari touchscreen layar Android, terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika ternyata anda masih belum paham, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang membingungkan anda karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian tips blog dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan dan Semoga berhasil.

Related Posts:

0 Response to "Cara Nonaktifkan Talkback Respon Suara Dari Touchscreen Layar Android"

Post a Comment