Cara Mengembalikan File Yang Hilang Terformat Di Flashdisk Harddisk SD Card Di Android Dan PC Dukun Tekno

Cara Mengembalikan File Yang Hilang Terformat Di Flashdisk Harddisk SD Card Di Android Dan PC


Pada media penyimpan seperti SD Card, Flashdisk, tentunya kita biasa memanfaatkanya untuk menyimpan data seperti foto, video, dokumen, file tugas sekripsi, dll. dan sangat mudah untuk menghapus data di media penyimpan tadi sehingga ada resiko untuk kehilangan data yang disebabkan karena file tertentu dengan tak sengaja ikut terhapus. Atau mungkin ada kejadian ketika anda panik karena data pada memory anda hilang karena telah diformat oleh teman anda. saya akan memberikan beberapa tips mengembalikan data yang hilang karena terhapus atau terformat.

Sedikit berbagi pengalaman ketika megalami musibah pas data-data saya hilang, yaitu dari Flashdisk saya yang tiba2 datanya hilang, waktu itu saya ingin membuat bootable windows dan lupa untuk menyimpan semua datanya, saya sebenarnya memiliki banyak flashdisk namun yang saya pilih malah flashdisk yang berisi data driver, dokumen, file game, dan file-file besar lainya. Sempet panik karena file-file yang ada pada flashdisk berukuran jumbo, jadi males jika harus melakukan download ulang. lalu saya mulai melakukan pencarian ke mbah Google untuk sungkem dan minta pencerahan, alhasil ketemulah aplikasi yang saya cari-cari. penggunaanya cukup mudah koq, tinggal buka ( tidak perlu instal ) lalu scan > setelah ketemu file yang hilang tinggal klik kanan kembalikan file, beres.

Walaupun pengalaman saya kehilangan data ketika bermain-main dengan OS Windows, tetapi disini saya juga akan membuat tutorial tidak hanya untuk windows tetapi juga untuk Androd, semoga bermanfaat!.

Cara Kembalikan Data Terhapus Di Android Dengan Disk Digger Undelete
Ada dua versi aplikasi Disk Digger Undelete, yaitu versi gratis dan versi pro yang berbayar. untuk versi gratis hanya bisa mengembalikan data dengan format Jpg, Png dan Mp4. Sedangkan versi pro dapat mengembalika banyak format file. Ingat anda butuh android yang telah mendapatkan akses r*ot.

1. Instal Disk Digger melalui Playstore.
2. Jika ada notif minta akses r*ot, ijinkan.
3. Jika ada notif "upgrade to pro", Pilih "No Thanks"
4. Pilih Tempat penyimpanan yang berisi data yang hilang.
5. Pilih Format File yang ingin dikembalikan.
6. Pilih Scan, Disk Digger akan melakukan scan dan memindai berkas-berkas yang masih mungkin untuk dikembalikan.
7. Setalah selesai menscan, ,aka munculah file-file yang pernah terhapus, pilihlah file mana yang ingin anda kembalikan.

Masih banyak aplikasi recover data untuk Android, contohnya seperti Undeler Recovery, nDroid Data Recovery, dll. Saya memposting aplikasi Disk Digger karena saya sendiri pernah menggunakanya,

Cara Recycle Data Di Windows Dengan SoftPerfect File Recovery
Saya menemukan banyak aplikasi gratis yang bertebaran diinternet yang berfungsi untuk mengembalikan file yang hilang, tetapi disini saya akan mempernalkan aplikasi SpftPerfect Recovery. Aplikasi ini kompatible dari OS Windows 95, 98, NT, ME, XP, Server 2000 2003 2008, 7, Vista. Dan kompatibel format file system Fat, NTFS ( kec Win 98 kebelakang ). Anda bisa mengunduh melalui ink Download berikut http://www.softperfect.com/download/freeware/file_recovery.exe

Tampilan Aplikasi SoftPerfect File Recovery

  • Pilih drive yang berisi data-data yang telah dihapus
  • Pilih pencarian untuk melakukan scanin data-data yang telah terhapus.
  • Hasil pencarian akan muncul setelah selesai menscan drivenya.


Perhatian, tidak semua data dapat di kembalikan dalam tutorial untuk Android maupun Windows, hal ini biasanya disebabkan karena data yang pernah di hapus telah tertindih atau sel memorynya telah dipakai untuk menyimpan data yang lain. Dalam kasus penghapusan data, sebenarnya data yang dihapus sebenarnya tidaklah dihapus dengan sebenarnya, melainkan hanya melakukan proses penambahan atribut untuk menandai data tersebut sudah tidak digunakan kembali, sehingga data yang sebenarnya masihlah utuh, namun ketika ada data baru yang harus disimpan, tempat penyimpanannya akan gunakan untuk menyimpan data yang baru.