Apa Itu AMD Radeon RAMDisk? Dukun Tekno

Apa Itu AMD Radeon RAMDisk?



AMD RAMDisk adalah sebuah perangkat lunak yang akan membuat memory RAM seolah-olah seperti Hard Disk, ini akan membuat partisi memory baru pada RAM dan partisi memory baru tersebut berfungsi mirip Hard Disk. Tujuan utama dari software ini adalah semua data yang disimpan di dalam partisi yang baru tadi membuat data dapat di muat lebih cepat, ini dikarenakan memory RAM memiliki kecepatan baca tulis yang tinggi dan bisa berpuluh-puluh kali atau bahkan ratusan kali lebih cepat dari Hard Disk. Hal ini akan membuat loading pada game dan software lainya menjadi sangat singkat, jika aplikasi game tadi diinstal di partisi tersebut.

AMD RAMDisk tersedia dalam berbagai versi software, dari freeware dan berbayar. Jika anda ingin mencicipinya, anda bisa mengunduh versi freeware alias gratis dari link resminya, berikut linknya http://radeonramdisk.com/files/Radeon_RAMDisk_4_4_0_RC36.msi , aplikasi RAMDisk suport OS mulai Win 7, 8, 8.1, 10. Versi freeware dapat melakukan partisi ukuran memory pada RAM dari 40MB - 4GB dan direkomendasikan untuk komputer yang telah terpasang memory RAM 8GB.

Keunggulan Dan Kekurangan
Sebelumnya kita sudah membahas keunggulan dalam hal kinerja buka?. RAMDisk akan membuat Kinerja partisi disk lebih unggul dibandingkan jenis partisi penyimpanan lain, seperti di SSD , hard disk , tape drive , atau cakram optik. Karena kinerja komputer lebih banyak ditentukan oleh beberapa faktor, termasuk kecepatan waktu akses dan jenis sistem file.

Kecepatan dan waktu akses data pada RAMdisk lebih cepat karena dipengaruhi oleh fakta bahwa RAM tidak memiliki bagian mesin yang bergerak. Sedangkan Hard drive, media optik (seperti CD-ROM , DVD dan Blu-ray) perlu memindahkan sensor untuk mencari letak data, media penyimpan lain seperti  tape harus geserkan pita ke posisi data yang benar sebelum membaca atau menulis.

Kecepatan terbaik RAM disk hanya dibatasi oleh kecepatan RAM, bus, CPU komputer. Sedangkan media penyimpanan lain dibatasi oleh kecepatan bus dari hard disk seperti ATA (PATA), SATA , USB atau Firewire , yang lagi-lagi dengan sendirinya dibatasi oleh kecepatan disk dan drive optik.

RAMdisk merupakan memori volatile, yang berarti bahwa data yang disimpan tanpa listrik akan hilang, baik sengaja (restart atau shutdown) atau tidak (kegagalan daya, sistem crash). Hal itu merupakan kekurangan yang fatal (data harus secara berkala dipindah ke media penyimpanan permanen untuk mencegah kehilangan data), tetapi ini akan berguna jika difungsikan untuk kepentingan lain misalnya, ketika loading data yang didekripsi bahwa proses tersebut dapat dengan cepat dihapus tanpa akses memori langsung.

Beberapa disk RAM menggunakan kompresi file sistem yang memungkinkan akses ke data terkompresi dengan cepat, tanpa harus membacanya harus mengatur sebelumnya. Ini karena itu kekurangan RAMDisk menjadi sedikit diringankan.