Mantra Sakti Dukun Teknologi

Apa Itu Turbo Core Pada CPU AMD, Penjelasan Versi Dukun Tekno



Penjelasan

AMD Turbo Core merupakan teknologi yang memungkinkan untuk mengontrol frekuensi operasi dengan mengikuti kinerja yang dibutuhkan namun tetap menjaga daya dibawah TDP (Thermal Design Power), ini merupakan jenis teknologi CPU Dynamic Frequency Scalling. Teknologi ini diperkenalkan pada tahun 2011 untuk prosesor seri AMD Opteron, FX, dan APU. Teknologi ini mirip dengan milik Intel namun dengan istilah yang berbeda yaitu Intel Turbo Boost.

Cara Kerja

Para insinyur menyadari bahwa pada CPU bermulti core (contoh 4 core/ 4 otak), tidak semua aplikasi atau program memanfaatkan semua core yang ada. sehingga disini ada core yang tidak aktif dan secara otomatis dengan sedikit atau bahkan samasekali tidak mengkonsumsi daya listrik. Untuk memanfaatkan daya yang terbuang, daya tersebut akan dialihkan kepada core yang aktif sehingga core mendapatkan suply daya yang lebih agar dapat meningkatkan frequency clock pada core yang aktif.

Sekali lagi Teknologi ini tidak akan mengkonsumsi daya melebihi nilai TDP, karena hanya aktif pada kondisi tertentu dan mungkin juga pada motherboard tertentu akan off. Intinya teknology ini memungkinkan peningkatan operasi tanpa mengkonsumsi daya yang lebih.

Manfaat / Keuntungan


  • Peningkatan frequency clock hingga 500Mhz untuk semua core.
Pada Phenom II T1100 X6 dengan 6 core maka turbo core akan aktif jika kondisi sebagai berikut:

  1. Turbo core aktif jika hanya ada 3 / lebih sedikit core yang aktif.
  2. Belum mencapai TDP.
  3. Ketika aktif, frequensi 3 core akan naik 400MHz dan lainya 800MHz.


Masalah

Windows task scheduler terkadang tidak mengetahui bahwa prosesor beroprasi pada frequensi yang lebih tinggi dari yang seharusnya sehingga akan membuang thread thread yang ada karena terlalu cepat menyelasaikan perintah, hal ini membuat beberapa thread ada yang terlewati.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+