Cara Melakukan Rating Performance ( WEI / Windows Experience Index ) 8, 8.1, 10


Apa Itu Windows Experience Index / WEI?
Windows Experience Index adalah sebuah laporan dari hasil pengukuran kinerja hardware yang dilakukan oleh WinSAT, ini akan menghasilkan sekor dengan nilai dimana semakin besar nilai sekornya maka pengguna akan memiliki pengalaman untuk menggunakan windows dengan lebih baik dan hardware memiliki performa yang lebih cepat, hal ini dibutuhkan ketika melakukan program aplikasi yang lebih baru dan berat. Hasil sekor WEI meliputi Prosesor, Memory RAM, Grafis 2D, Grafis 3D dan Kecepatan Disk. WEI akan memberikan hasil skor kinerja hardware dengan sekala 1 - 5.9 untuk Win Vista, 1 - 7.9 untuk Win 7 dan 1- 9.9 untuk Win 8, 8.1 dan 10.

WEI juga dapat digunakan untuk mencocokkan kinerja harware dengan persyaratan kinerja Windows, contoh saja fitur aero akan secara otomatis aktif jika sektor grafis 2D dan 3D memiliki skor diatas 3. WEI juga digunakan untuk melihat bagian perangkat keras mana yang perlu untuk di upgrade, contoh ketika anda melihat kinerja memory RAM hanya mendapatkan sekor 4, disini anda bisa melihat bagian terbaik untuk di upgrade adalah bagian RAM, anda bisa menggunakan RAM dalam mode dual channel untuk melakukan upgrade.

Pada Program WinSat di windows 7 dan Vista akan melakukan tes kinerja meliputi hasil tes dari: Direct3D 9 Aero Assessment, Direct3D Penilaian 9 Batch, Direct3D 9 Blend Alpha Assessment, Direct3D 9 Tekstur Load Assessment, Direct3D 9 ALU Assessment, Direct3D Penilaian 10 Batch, Penilaian Blend Direct3D l0 Alpha, Direct3D 10 Tekstur Load Assessment, Penilaian Direct3D 10 ALU, Direct3D 10 Penilaian Geometri, Direct3D 10 Penilaian Buffer Konstan, Kinerja Windows Media Decoding, Kinerja Windows Media Encoding, CPU Kinerja, Kinerja Memory RAM dan Kinerja Disk (termasuk perangkat Solid-state drive). Selama proses penilaian anda hanya menemukan animasi progres bar dan program WEI akan berjalan dilatar belakang, selain itu fitur Aero Glass akan dinon aktifkan supaya progam dapat mendapatkan sekor paling akurat karena proses penilaian tidak dipengaruhi oleh aktifitas grafis dari program lain yang terbuka.

Namun sayangnya sekor WEI tidak di temukan pada windows 8.1 dan 10, tetapi walupun begitu program perintah WinSAT masih berjalan pada kedua versi OS Windows tersebut sehingga masih bisa memberikan hasil sekor tetapi tidak seperti tampilan antar muka WEI di Win 7 dan Vista, menurut artikel yang beredar diinternet alasan program WEI ditiadakan di Windows versi 8.1 dan 10 adalah karena Microsoft ingin memberi gagasan kepada konsumennya bahwa semua hardware yang dapat menjalankan Windows 8.1 dan 10 adalah sama baiknya, sehingga tidak perlu hasil sekor kinerja hardware. Namun bagi anda yang ingin melakukan rating sekor dari WinSAT dapat mengikuti tutorial berikut ini.

Langkah Melakukan Rating Di Windows 8, 8.1, 10
1. Buka CMD/Command Prompt > klik kanan 'run as administrator'.

2. Pada CMD ketikan WINsat formal. seperti gambar diatas.
3. Tunggu proses test uji permora sampai selesai, biasanya membutuhkan waktu higga puluhan menit.
4. Setelah selesai prosesnya > buka folder C:\Windows\Performance\WinSAT\DataStore.

5. Lalu buka file bernama ( tanggal ).Formal.Assessment (Initial).WinSAT.XML menggunakan browser seperti gambar diatas.

Related Posts:

0 Response to "Cara Melakukan Rating Performance ( WEI / Windows Experience Index ) 8, 8.1, 10"

Post a Comment