Mantra Sakti Dukun Teknologi

Pengertian Berbedaan OpenGL, OpenCL, OpenCV



OpenGL

Open Graphics Library ( OpenGL ) adalah cross programing language , cross-platform application programming interface ( API ) untuk rendering 2D dan 3D grafis vektor . cross platform artinya OpenGL dapat ditemui pada pltaform yang berbeda seperti Android, Windows, AMD, NVidia. API biasanya digunakan untuk berinteraksi dengan Graphics Processing Unit ( GPU ), untuk mengatur dan menampilkan grafis kemonitor.

Silicon Graphics Inc ( SGI ) mulai mengembangkan OpenGL pada tahun 1991 dan dirilis pada Januari 1992, aplikasi menggunakannya secara ekstensif di bidang desain dibantu komputer ( CAD ), virtual reality , visualisasi ilmiah , visualisasi informasi, simulasi penerbangan , dan game. OpenGL dikelola oleh non-profit teknologi konsorsium Khronos Grup.

OpenCL

Open Computing Language (OpenCL) adalah kerangka kerja untuk menulis program yang mengeksekusi seluruh platform silicon arsitektur yang terdiri dari unit pusat pengolahan ( CPU ), unit pengolahan grafis ( GPU ), prosesor sinyal digital ( DSP ), field-programmable gate arrays (FPGA) dan lainnya. OpenCL menentukan bahasa pemrograman ( berdasarkan C99 ) untuk pemrograman perangkat dan antarmuka pemrograman aplikasi (API) untuk mengontrol platform silicon arsitektur dan mengeksekusi program pada perangkat komputasi. OpenCL menyediakan antarmuka standar untuk komputasi paralel menggunakan berbasis tugas-dan paralelisme berbasis data. OpenCL mengambil dan menggabungkan keunggulan fungsi pada tiap unit core, contoh GPU memiliki keunggulan dalam komputasi FPU ( Floating Point Unit ) dengan OpenCL CPU tidak perlu menghitung bilangan FPU.

OpenCL adalah standar terbuka yang dikelola oleh non-profit teknologi konsorsium Khronos Grup. Implementasi tersedia dari Altera , AMD , Apel , ARM Holdings , Creative Technology , IBM , Imagination Technologies , Intel , Nvidia , Qualcomm , Samsung , Vivante , Xilinx , dan ZiiLABS.

OpenCV

Open Source Computer Vision ( OpenCV ) adalah library dari fungsi pemrograman terutama ditujukan untuk real-time visi komputer ( visi komputer artinya sebuah komputasi yang mengikuti konsep perhitungan pada diri manusia ), awalnya dikembangkan oleh pusat penelitian Intel di Nizhny Novgorod ( Rusia), kemudian didukung oleh Willow Garage dan sekarang dikelola oleh Itseez. Memiliki pustaka cross-platform dan gratis untuk penggunaan di bawah open source lisensi BSD .

Sumber: Wikipedia

Share Artikel

Facebook Twitter Google+