Mantra Sakti Dukun Teknologi

Mengenal Teknologi Autofocus & DOF Pada Kamera


Mengenal Teknologi  Autofocus & DOF Pada Kamera

AF ( Autofocus )

Teknologi ini memanfaatkan kekuatan lensa yang secara otomatis bergerak dan memokuskan cahaya agar jatuh tepat di permukan sensor. Kamera bisa menggunakan lebih dari satu sensor untuk melihat objek dengan jangkauan yang sama,  Tehnik Autofocus dibedakan menjadi dua, yaitu Aktif Autofokus dan Pasif Autofokus.

Aktif Autofokus
Pada tehnik ini kamera autofokus mengandalkan sebuah sensor seperti gelombang ultrasonik dan infrared untuk mendeteksi jarak suatu permukaan objek. Pada saat awal pertama kali kamera dihidupkan, sensor akan melakukan secaning menyeluruh terhadap objsekitar ( jika kamera anda memiliki ciri-ciri ini, dapat dipastikan bahwa kamera menggunakan lensa Active Autofocus ), dan dengan algoritma tertentu akan melakukan perhitungan agar lensa menjadi hanya fokus terhada objek tertentu.

Pasif Autofokus
Pada tehnik ini kamera sama sekali tidak memancarkan gelombang apapun untuk mendeteksi jarak objek, tehnik ini lebih mengandalkan algoritma deteksi suatu objek dengan menganalisa gambar yang telah di terima, contoh deteksi wajah, secara otomatis kamera mendeteksi bentuk wajah sedangkan lensa berusaha untuk fokus terhadapnya.

DOF ( Deep Of Field )

Pada teknologi ini, kamera akan mengambil gambar lebih dari satu tiap satu kali cepretan, mulai dari gambar objek dekat hingga jauh. Jumlah gambar yang diambil bisa sampai puluhan tergantung disain kamera, semakin banyak semakin baik hasilnya. Gambar yang telah di ambil tadi disatukan dengan algoritma tetentu hingga mendapatkan ketajaman dari berbagai gambar dengan fokus objek yang berbeda.

Algoritma di desain khusus untuk menghapus bagian dari gambar-gambar yang mengalami blur, maksud blur disini adalah seperti gambar yang bergerak terlalu cepat.Walaupun begitu algoritma pada kamera jenis ini sampai saat ini masih kurang akurat dalam memilah gambar-gambar yang tidak tajam.

Keuntungan
Kamera ini dapat menangkap gambar dengan tingkat ketajaman yang tinggi dari berbagai jangkauan objek ( objek dekat sampai jauh )

Kekurangan
Tidak cocok untuk mengabil gambar bergerak dan objek dengan jangkauan yang amat jauh

Share Artikel

Facebook Twitter Google+