Faktor Penyebab Browser Tidak dapat Memutar Video

Video adalah salah satu konten yang cukup menarik ketika berada di halaman web. namun browser entah Firefox, Google Crome, Opera, UCweb membutuhkan mesin/aplikasi decoder agar video tersebut dapat di putar. ada beberapa faktor yang mimin ketahui penyebab video tidak dapat di putar di halaman browser anda.

1. Browser Tidak Terpasang Adobe Flash Player
Saat ini dunia internet sedang melakukan transisi menggantikan Flash Player dengan HTML5 sebagai mesin Pemutar Video. dikarenakan ditemukan celah keamanan pada aplikasi flash player. Walau begitu tentusaja masih banyak Situs yang menggunakan flash player sebagi mesin rendering video.


2. Video Terhapus Dari Server/ Rusak
Video tidak dapat di putar bisa jadi karena admin server telah menghapus video dari data base atau juga telah mengalami kerusakan mungkin karena penyimpan data sudah rusak atau sebab yang lain. faktor seperti ini tidak ada solusi selain mencari video yang sama di situs lain.

3. Video Terdeteksi Sebagai Virus.
Seperti yang saya katakan tadi bahwa penggunaan Flash Player beresiko terinfeksi Virus sehingga alangkah lebih baik anda meninggalkan situs tersebut, karena bisa jadi situs tersebut di jadikan sarang Virus.

4. Pengaturan Yang Salah
Periksa pengaturan Add-on anda apakah mesin pemutar di disable atau tidak. atau mungkin anda tidak memiliki / menginstal mesin pemutar. buka pada kolom search menu add-on, ketik video player maka akan ada banyak mesin pemutar yang muncul, instal salah satu.

5. Kecepatan Jaringan Terlalu Lambat
Jika anda sering berkunjung di youtube dan anda memutar video di jaringan yang lambat maka notifikasi error akan muncul terutama pada jaringan yang trafiknya penuh, dan tentunya kemungkinan besar ini bisa terjadi di situs lainya.

6. Masalah Hardware
Kemungkinan lain komputer anda tidak memiliki perangkat keras yang mendukung teknologi terbaru yang mendukung mesin decoder video, ini sangat jarang terjadi tetapi jika ini masalahnya ganti perangkat keras dengan yang terbaru.