Mantra Sakti Dukun Teknologi

Cara membuat OpenID Blogger Untuk Berkomentar Dan Resikonya


Cara membuat OpenID Blogger Untuk Berkomentar Dan Resikonya

Apa itu OpenID? OpenID adalah standar terbuka dan terdesentralisasi protokol oleh Yayasan non-profit OpenID yang memungkinkan pengguna untuk dikonfirmasi oleh situs co-operasi tertentu (dikenal sebagai Relying Parties atau RP) yang menggunakan layanan pihak ketiga.

Ini menghilangkan kebutuhan untuk webmaster untuk menyediakan sistem Ad Hoc mereka sendiri dan memungkinkan pengguna untuk mengkonsolidasikan identitas digital mereka. Dengan kata lain, pengguna dapat login ke beberapa situs yang tidak berhubungan tanpa harus mengisi informasi mereka berulang-ulang.

Namun di dunia blogger OpenID digunakan untuk Robot Backlink ( istilahnya agar ada link alamat blog sendiri ) ketika berkomentar.

Cara membuat / memasang pada Blog untuk berkomentar:

1. Dashboard > Template > Edit HTML.

2. Tulis kode dibawah ini setelah kode <head>.
3. Save Template.

4. Cobalah untuk berkomentar di blog orang lain dengan OpenID.

5. Jika ada notif kesalahan sperti gambar dibawah. Copy kode kesalahan yg diberikan dari kode <link rel sampai > , taruh dibawah kode langkah poin no.2. ganti tanda " menjadi '.
6. Sehingga akan tampak seperti ini.

Lalu Apa resikonya? Bahaya kah?

Google sendiri telah mengatakan tentang Blog-Spam: "Seperti pada banyak alat-alat canggih, layanan blog dapat digunakan serta dapat juga disalahgunakan. Kemudahan membuat dan memperbarui laman web dengan Blogger telah menjadikannya sangat rentan terhadap bentuk perilaku yang dikenal sebagai spam tautan. Blog yang terlibat dalam perilaku ini disebut blog spam, dan dapat dikenali dari teksnya yang tidak relevan, diulang-ulang, atau tidak masuk akal, bersama dengan tautan yang jumlahnya banyak, biasanya semua tautan tersebut mengarah ke satu situs.

Blog spam menyebabkan berbagai masalah, di luar hanya membuang sedikit waktu Anda ketika Anda kebetulan menjumpai blog semacam itu. Blog semacam ini dapat menghambat mesin telusur, sehingga mempersulit mesin telusur untuk menemukan konten autentik mengenai topik yang Anda minati."

Contoh kasus yang Dukun Tekno kutip dari Kompasiana dialami oleh Wahyu Eka Prasetyarini biasa di panggil Ririn dengan alamat blognya http://cara-ririn.blogspot.com/ yang tidak bisa di buka semenjak 17 Desember 2013.


Ceritanya Ririn yang sebelumnya mengiklankan iklan dari Google Adsense, tanpa sebab yang di ketahui Blog http://cara-ririn.blogspot.com/ melepas semua iklan dari Google Adsense dan menggunakan Iklan dari banner lain. Semenjak itu Ririn mulai mengabaikan Kebijakan Google Adsense dan mulai berkomentar menggunakan OpenID secara terus - menerus.

Komentar Ririn setelah blognya di hapus:"Kalau saya melihat, blog saya di hapus karena saya terlalu sering menggunakan OpenID akhir-ahir ini untuk berkomentar di blog teman-teman. Sehingga di anggap spam oleh sistem Blogger, yang pada gilirannya blog saya di hapus."

Menggunakan OpenID berulang - ulang dalam waktu singkat di anggap sebagai manual action ( tindakan spam secara manual ) hal ini dapat melanggar pedoman webmaster. Blogger menyediakan OpenID untuk berkomentar, namun jika dilakukan berulang - ulang bisa di tandai sebagai spam.

Nah bagi Sahabat Blogger Hati - hati Pasang OpenID di blog kamu, terutama berkomentar dengan menyertakan link blog anda sendiri. Jadikan informasi dari Ririn sebagai Observasi pembelajaran, Semoga bermanfaat!.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+

3 comments

Terima kasih infonya saat ini saya berkomentar menggunakan open Id

Terimakasih udah berkunjung di blog saya, yang penting jangan sering2 berkomentar pake openid / link blog agan, takutnya di anggap manual spam ama google.