Mantra Sakti Dukun Teknologi

Untung Dan Rugi Jika Menginstal OS Windows 10



Windows 10 sebuah sistem operasi yang di buat oleh Microsoft dan termasuk ke dalam Keluarga Windows NT, Pertama diluncurkan September 2014. Sistem Operasi ini dibangun dalam kernel Hybrid, Walau ini sistem operasi canggih, anda mungkin perlu tau Fakta - fakta yang ada di OS ini.

Di kutip dari berbagai sumber di internet berikut dukun tekno merangkumnya.

Beberapa hal yang mungkin perlu anda ketahui entah Kelebihan, Keuntungan, Kekurangan, Kerugian hanya anda yang bisa menilai sesuai sudut pandang anda sendiri.

1. Universal Arsitektur
Windows 10 nantinya tidak hanya untuk PC namun juga akan tersedia untuk tablet, Smartphone, XBox One, Surface, HolosLens. Sehingga aplikasi dan game yang di buat untuk Win 10 kemungkinan besar dapat berjalan di berbagai perangkat bersistem operasi Win 10.

2. DirectX 12 Dan WDDM 2.0
Softwere API yang di desain lebih dekat dengan bahasa mesin yang akan meningkatkan pemrosesan Grafis dan menghemat memori dengan tanpa / sedikit mengorbankan resource komputasi CPU dimana beban komputasi grafis akan lebih banyak di olah oleh GPU. Ini akan membuat game berjalan dengan sedikit lag, tentu saja sesuai rekomendasi Hardwere untuk menjalankan game tersebut.

3. UI ( User Interface ) Yang Baru
Bagi anda yang pernah menjajal Windows 8 dan 8.1 di mana bentuk kotak - kotak alias metro yang dominan dan juga jika anda pernah menggunkan Windows 7, maka di Windows 10 ini anda akan mendapatkan kombinasi antara Win 8 dan 7.  Anda tidak akan mendapatkan tema metro seperti pada win 8, namun lebih mirip Windows 7 yang dilapisi gaya metro yang lebih responsif dan terbukti Windows 10 mendapatkan respon positif salah-satu karena tampilan baru ini.

4. Scurity Baru
Sebuah istilah yang di namai Multifactor Authentication yang di kembangkan FIDO Alliance yang mampu mengenali seseorang / pengguna secara biometrik ( Sesuatu yang berhubungan dengan DNA atau secara DNA manusia ). Dan untuk megaktifkan fitur ini di butuhkan beberapa teknologi / perangkat keras khusus seperti Teknologi Intel RealSense, kamera infrared, perangkat pemindai sidik jari dan lainya. tidak hanya itu, untuk mencegah virus menginfeksi data, Win 10 mendukung enkripsi dan kompresi data yang baru.

5. Aplikasi Baru Bawaan Windows 10
Beberapa aplikasi baru seperti Microsoft Edge yang menggantikan Internet Explorer, XBox Live untuk streaming game, Cortana sebuah assisten digital pribadi yang bisa di ajak bicara ( mirip Suri di IPhone ), Windows Store untuk pembelian dan mengunduh aplikasi gratis, Dan beberapa aplikasi lain seperti Skype, People dan lain-lain.

6. Windows Update Yang Tidak Bisa Bi Matikan
Tidak seperti pada Windows sebelumnya dimana fitur ini dapat di nonaktifkan, Anda akan mendapatkan update software secara realtime tentu jika tersedia jaringan internet. Satu - satunya untuk menonaktifkan fitur ini adalah mencabut perangkat keras modem atau uninstal driver. Dari semua seri ( pro, home, enterprise) seri pro yang lebih baik karena dapat di tunda updatenya dalam jangka waktu tertentu ( 8 bulan ) semenjak nontifikasi update muncul di Win 10.

7. Beberapa Fitur Yang Dihapus
Anda tidak akan menemukan Windows Media Center di Win 10 dan aplikasi lainya seperti MSN Food & Drink, MSN Healt & Fitnes, MSN Travel. Namun anda masih bisa menginstalnya melalui App Store.

8. Pengumpulan Data Pengguna
Windows 10 diatur agar mengirim data pengguna ke Microsoft atau pihak lain. Data yang di kirim meliputi Kontak, Kalender, Input data ( apa saja yang pernah anda ketik dari keyboard, mouse, atau input lainya ), Lokasi dan data yang lain. Pengumpulan data dari fitur ini bisa dimatikan kecuali pada seri Enterprise. Hal ini juga membuat beberapa orang kawatir jika komputernya di mata - matai.

9. Windows 10 Gratis
Untuk mendapatkan lisensi Windows 10 secara gratis anda perlu memiliki Lisensi Windows 7 atau 8.1 yang di dapat secara legal, Namun jika anda tidak memiliki syarat untuk mendapatkan lisensi win 10 secara gratis ada opsi lain yaitu menjadi Insider ( Memanfaatkan masa trial lisensi ), masa pakai trial lisensi anda akan di perpanjang secara otomatis jika anda melakukan pembaharuan / update patch windows.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+