Cara Mengetahui Aplikasi Yang Terkoneksi Dengan Internet Di Windows Dan Block Aplikasinya

Beberapa program dapat terhubung ke internet dengan diam-diam tanpa kita sadari, beberapa program yang terhubung keinternet kebanyakan adalah program service windows. Namun itu semua tidaklah pasti kerena tidak dipungkiri jika ada program lain selain dari aplikasi bawaan windows juga ikut terhubung ke internet secara diam-diam.

Program windows saja sudah banyak menguras data internet, jika ada aplikasi lain yang berjalan dilatar belakang dan melakukan aktivitas unduh dan unggah data secara diam-diam tentu ini akan membuat kuota menjadi cepat habis. Ada banyak aplikasi pihak ketiga untuk mendeteksi program yang terhubung ke internet, seperti CurrPorts, TCP Eye, dll.

Kebanyakan dari kita tidak tahu aplikasi apa saja yang terkoneksi ke internet karena berjalan di latar belakang, ada yang terhubung secara otomatis, ada juga yang terhubung jika aplikasi tersebut di buka, dll. Masalahnya aplikasi apa yg terhubung ke internet, bahayakah atau akan membawa keuntungan atau malah menyedot bandwith dan kuota sehingga membuat komputer terasa lamban / lemot ketika dipakai untuk mendownload file.

Faktor pertama adalah serangan Hacker, bahaya utama dari program-program buatan hacker yang terhubung ke internet seperti serangan Spyware, Malware, Virus dan lain-lain bisa sangat merugikan pengguna. Mulai pencurian data, password, bank, dan kerugian-kerugian lain. Kita bisa mengatasinya dengan apliksi bawaan Windows yaitu Firewall dan Antivirus.

Faktor kedua adalah batasan kuota dan bandwidth, untuk pengguna yang menggunakan layanan operator GSM yang biasa ditemui sebagai paket internet memiliki batasan. Seperti kuota dan bandwith yang terbatas, aplikasi yang diam-diam menyedot paket internet akan merugikan sekali karena paket bisa berumur pendek. Nah berikut cara agar anda bisa mengetahui aplikasi apasaja yang terhubung ke internet.

Langkah-langkah
Mengetahui Aplikasi Yang Terhubung Keinternet Dengan Resource Monitor
  • Ketik Win + R, Isikan resmon lalu enter.

Cara Block Aplikasi Yang Terkoneksi Ke Internet Dengan Firewall
  • Ketik Win + R, Isikan wf.msc lalu enter
  • Klik Inbound, Pada Menu disisi kanan pilih new rule.
  • Custom > This Program Path (pilih file exe  nya), Next > Next > Next > Block Connection, Next > Next > Isi Nama > Finish.

Itulah cara mengetahui aplikasi yang terhubung ke internet pada os Windows dan cara memblock aplikasinya, terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika anda masih belum paham tentang cara mengetahui aplikasi yang terhubung ke internet pada os Windows sekaligus cara memblock aplikasinya, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagianmana yang membingungkan anda karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian tips blog dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan dan Semoga berhasil.

Related Posts:

0 Response to "Cara Mengetahui Aplikasi Yang Terkoneksi Dengan Internet Di Windows Dan Block Aplikasinya"

Post a Comment