Cara Mengatasi Widget, Komentar Blog Dan Facebook Tidak Muncul Dalam Versi Mobile

Widget merupakan komponen penting untuk SEO Blogger, widget disediakan untuk kemudahan dalam memasang konten-konten tertentu, sehingga para seo pemula tidak perlu berhadapan dengan kode-kode HTML yang terasa cukup rumit, seperti menempatkan kode iklan, menempatkan kode profil google plus, pageview counter , dll. Namun apa jadinya jika widget yang selama ini kita kira berjalan dengan baik ternyata tidak tampil dalam versi mobile?.

Anda mungkin terlihat seperti orang yang kaget ketika melihat perbedaan yang besar ketika membuka halaman blog milik anda antara tampilan versi mobile dan versi desktop. Mungkin disatu sisi kita sering mengembangkan blog melalui versi desktop sehingga tidak terlalu memikirkan bentuk tampilan dalam versi mobile, namun ketika membuka di versi mobile, ternyata bentuknya ancur :'(. Terutama bagian widget dan komentar.

Masalah ini merupakan pengalaman pribadi selaku Admin Dukuntekno, dulu sih tidak ada masalah serius yang timbul, namun masalah mulai terdeteksi ketika membuka blog dukuntekno dalam versi mobile, dimana waktu itu saya tidak melihat kolom komentar facebook yang saya pasang di widget ketika dibuka dalam versi mobile.

Sedikit berbagi pengalaman seputar komentar yang tidak muncul, penyebab utama yang saya alami ini mungkin dikarenakan saya sering menggunakan komputer dan laptop untuk mengembangkan blog saya ini, dikarenakan banyak fitur yang dapat digunakan ketika mengembangkan blog melalui komputer dan laptop, tetapi hal ini membuat saya tak pernah berfikir bagaimana bentuk blog saya ketika dibuka dalam versi mobile. Ditambah lagi saya menyeting blog saya supaya menggunakan template bawaan blogspot. Setelah saya mulai memiliki hobi mengotak atik template, test tampilan ini tes tampilan itu, saya terkejut ketika mengetes tampilan blog dalam versi mobile, ternyata selama ini tampilan dalam versi mobilenya ancur. Beruntung banyak teman-teman blog lain yang membahas hal ini sehingga terselamatkanlah masalahku ini :).

Disini saya akan memberikan tutorial sesederhana mungkin, pertama-tama untuk mempraktekan tutorian ini anda harus pergi ke kode template, dengan cara Buka blogger, lalu pilih blog yang ingin perbaiki masalahnya, lalu Template, dan setelah itu edit Html. Okelah lanjut ke tutorial.

Untuk Widget Yang Tidak Muncul Di Versi Mobile
Kita kebagian cara mengatasi widget (bukan klomentar blog atau facebook), Untuk menyelesaikan masalah widget ini cukup mudah, dengan cara ngubah kode mobile='no' menjadi mobile='yes' pada kode widget. Contoh:
<b:widget id='PopularPosts1' locked='false' title='#TrandingTopic' type='PopularPosts'>
Atau:
<b:widget id='PopularPosts1' locked='false' mobile='no' title='#TrandingTopic' type='PopularPosts'>

Ubah Sehingga Kodenya Menjadi:
<b:widget id='PopularPosts1' locked='false' mobile='yes' title='#TrandingTopic' type='PopularPosts'>

Untuk Komentar Google Yang Tidak Muncul Di Versi Mobile
Cukup terkejut karena ternyata untuk menyelesaikan masalahnya sangat mudah sekali, seperti diatas yang hanya butuh menambahkan kode tertentu, kali ini kita akan menambahkan kode ".blogger-iframe-colorize {display: block !important; }" sebelum kode "</style>" bagian elemen komentar.

Untuk Komentar Facebook
Cara yang saya bagikan ini sudah saya coba pada blog saya sendiri, dengan sedikit modifikasi supaya lebar komentar facebook secara otomatis menyesuaikan ukuran layar sehingga tampil dengan lebih baik, lebar otomatis biasa disebut Responsive. Jika cara ini tidak bekerja anda bisa mengirim kode template kepada saya supaya saya perbaiki agar suport pada lebih banyak template.

1. Letakkan Kode Ini Dibawah Kode <html>

Ganti Profile ID dan App ID dengan ID Facebook anda. untuk Profile ID itu isi dengan username facebook. Dan untuk App ID silahkan kunjung https://developers.facebook.com/apps/ dan buat sendiri App ID anda.

2. Letakkan Kode Ini Diatas Kode </html>

3. Letakkan Kode Ini Dibawah Kode <data:post.body/> (Biasanya kode tersebut lebih dari 2, anda pilih aja yang terakhir atau coba satu persatu). Taruh diatas Kode <div class='post-footer-line post-footer-line-3'> Atau <div class='post-footer-line post-footer-line-2'> Atau <div class='post-footer-line post-footer-line-1'>
4. Terakhir simpan template blog agan.

Begitulah cara mengatasi widget, komentar blog dan komentar facebook ketika dibuka pada browser mobile, terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika anda masih belum paham tentang cara memasukkan kode-kodenya karena mungkin terasa rumit, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagianmana yang membingungkan anda karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian tips blog dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan dan Semoga berhasil.

Related Posts:

0 Response to "Cara Mengatasi Widget, Komentar Blog Dan Facebook Tidak Muncul Dalam Versi Mobile"

Post a Comment