Mantra Sakti Dukun Teknologi

Cara Setting PPSSPP Agar Mendapatkan Speed 100% Dan 60fps Dan Penjelasan Istilah Grafis


Halo sobat Dukun Tekno!, kali ini saya ingin bebagi tips dan cara mengatasi lag pada emulator PPSSPP, bagi pecinta game pasti tidak asing dengan emulator yang satu ini, Yup emulator ini digunakan untuk memainkan game atau ROM PSP.



PPSSPP merupakan sebuah emulator. Dalam bahasa inggris, emulator memiliki arti jembatan dimana PPSSPP berfungsi untuk menjembatani kode program PSP agar dapat berjalan pada mesin non-PSP. PPSSPP sendiri tersedia pada berbagai platform seperti Android, Symbian, Windows, IPhone, Linux, BB10, dll. namun juga terdapat 2 jenis PPSSPP, yaitu PPSSPP Gold dan PPSSPP biasa ( atau di sebut PPSSPP saja ).

Perbedaan PPSSPP Gold Dengan PPSSPP
  • PPSSPP Gold disediakan secara berbayar, jadi jika ingin mendownloadnya anda harus membelinya terlebih dahulu. menurut info dananya dipake untuk para pengembang atau developer PPSSPP agar selalu dapat mengembangkan PPSSPP menjadi semakin sempurna. Sedangkan PPSSPP disediakan secara gratis.
  • Beda Icon, PPSSPP Gold memiliko warna dominan emas sedangkan PPSSPP memiliki warna dominan Biru.
    Cara Agar Mendapatkan Speed 100% Dan 60fps Di PPSSPP Dan Review
  • Selain disebutkan diatas antara PPSSPP Gold dan PPSSPP memiliki performa dan tampilan yang hampir sama, setting, fitur, kecepatan memainkan game dan lain sebagainya.
Dimana Tempat Untuk Mendownload PPSSPP?
PPSSPP tersedia untuk berbagai Platform, Android, Windows, Symbian, IPhone, Linux, Maemo, Meego, Pandora, BB10, dll. berikut link unduhnya.
  1. Untuk android dan windows 32 & 64bit bisa mengikuti link ini http://buildbot.orphis.net/ppsspp/
  2. Untuk IPhone bisa ikuti link berikut http://www.dukuntekno.com/2016/01/cara-memainkan-ppsspp-di-iphone-ios.html
  3. Untuk Maemo dan Windows phone, dll ikuti saja situs resminya http://www.ppsspp.org/downloads.html
Lalu Dimana Temapat Untuk Mendownload Game PPSSPP?
Seperti yang saya sebutka sebelumnya, PPSSPP menjalankan game PSP. diinternet game PSP biasa disebut ROM (Read Only Memory) PSP. Anda dapat mengunduh file ROM/Game PSP di link berikut:

Setting PPSSPP
Setting PPSSPP dibutuhkan karena kebanyakan game berjalan tidak lancar, sebuah settingan game yang menghasilkan kualitas grafis dan suara yang baik akan membutuhkan performa mesin/hardware yang mumpuni pula, tetapi tidak semua perangkat memiliki mesin yang sama baik. berikut penjelasan settingan pada PPSSPP (dikutip dari forum ppsspp):

Cara Setting PPSSPP Agar Mendapatkan Speed 100% Dan 60fps Dan Penjelasan Istilah Grafis

Penjelasan
Emulation / Pengaturan
    Interpreter / Disable "JIT (Dynarec)": Dalam ilmu komputer penerjemah adalah program komputer yang mengeksekusi, yaitu melakukan instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman. Interpreter adalah jenis algoritma penerjemah kode yang sangat lambat dari sebagian besar algoritma untuk debugging, tetapi dapat bekerja di semua jenis arsitektur CPU.

    Dynarec (JIT) / Aktifkan "JIT (Dynarec)": singkatan dari Dynamic Recompiler. Ini juga disebut JIT (Just in Time compiler). Idenya adalah untuk mengkompilasi ulang bagian dari program selama eksekusi (dalam hal ini, mengubah MIPS ke mesin PSP). Jauh lebih cepat dari interpreter dan default, direkomendasikan untuk arsitektur yang didukung (x86 dan ARM, untuk saat ini).

    Buffered Rendering: PSP dapat mengakses setiap lokasi di VRAM dan digunakan sebagai salah satu penyangga scanout (apa yang Anda lihat di layar) atau tekstur. Banyak permainan menggunakan ini untuk menerapkan efek khusus, atau hanya untuk melaksanakan 30fps (Anda harus menunjukkan buffer yang sama dua kali). Kami mensimulasikan ini dengan mengalokasikan sebuah OpenGL FBO untuk setiap lokasi framebuffer PSP.

    Speed hack, mungkin tidak mempercepat semua permainan, fitur dapat menyebabkan artefak grafis atau layar berkedip. Efek lain dari menonaktifkan opsi ini adalah bahwa Anda kehilangan kemampuan untuk melakukan supersampling 2x.

    Hardware Transform: menggunakan shader vertex untuk melakukan bentuk vertek T & L di GPU bukan melakukan itu dalam perangkat CPU. Ada beberapa perbedaan kecil antara implementasi, Kecepatan tergantung dari performa GPU.

    Linear Filtering: penyaring praktis yang menghaluskan gambar. Pada dasarnya memaksa bilinear filtering pada semua grafis. Dapat menyebabkan artefak tetapi juga memperlancar HUD dan 2D.

    Simple 2x SSAA: simple super Sampling Anti Aliasing algoritma 2x. Mengurangi aliasing dari gambar, membutuhkan GPU yang kuat relatif, terutama pada resolusi yang lebih tinggi. Nonaktifkan saja jika Anda mengalami lag. Pengaturan ini membutuhkan Buffered Rendering yang diaktifkan.

    Gunakan VBO / Menggambar menggunakan Streaming VBO: ini cara lain untuk mengirim data vertex dinamis ke GPU. Tidak memberikan banyak speedup yang banyak kok.

    Vertex Cache: optimasi, yang membuat loading vertex lebih cepat pada giliran adegan vertex berikutnya. mungkin akan kehilangan beberapa perubahan dalam geometri, hal ini dapat membuat bagian tepi vertex hilang. Jadi nonaktifkan saja jika Anda melihat Glitches grafis yang aneh.

    Frameskip / frameskip (beta): mengaktifkan frameskipping, dalam beberapa kasus tidak memberikan tambahan performa. Jika diaktifkan Anda dapat melihat artefak grafis atau layar berkedip bahkan dengan Buffered Rendering diaktifkan. Jika kinerja dibatasi oleh GPU atau GPU emulasi, frameskip dapat membantu. Jika kinerja dibatasi oleh CPU emulasi / HLE / dalam hal apapun mungkin tidak akan membantu. Sehingga tidak hanya bergantung pada hardware tetapi juga pada permainan.

    Gunakan Media Mesin: semua hal ini adalah kontrol apakah fungsi HLE kembali -1 atau mencoba untuk bekerja. Jika permainan tidak memanggil sceMpeg * fungsi, pilihan seharusnya tidak mempengaruhi apapun.
    Beberapa game mungkin cocok dengan opsi ini.

    Fast Memory (dynarec, tidak stabil) / Fastmem (mungkin tidak stabil): hanya mengasumsikan bahwa ini mengakses game secara langsung, kurang lebih melewati beberapa pemeriksaan. Jadi mendapatkan sedikit kecepatan. Tetapi jika permainan mengakses memori yang tidak valid, seluruh emu akan crash.

    Mipmapping: nonaktifkan mungkin membuat hal-hal menunjukkan pada detil yang lebih tinggi, tetapi dapat membuat permainan lebih lambat.

Penjelasan Masalah Performa
Biasanya untuk memainkan PPSSPP dengan lancar membutuhkan mesin yang baik dengan performa yang bagus, pada android dan perangkat mobile lainya setidaknya anda harus memiliki sepesifikasi CPU 4 otak keatas dan RAM 1GB keatas.