Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 Lengkap (Gambar HD)

Setidaknya tercatat ada 3 versi naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia tanggal 17 agustus tahun 1945, yaitu teks proklamasi Klad, teks proklamasi autentik / otentik / asli dan teks proklamasi  yang disesuaikan dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Teks Proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945 disusun oleh Ir. Soekarno, M. Hatta, Achmad Soebardjo dan disaksikan oleh Soekarni, B.M. Diah, Sudiro (Mbah) dan kemudian diketik oleh Sayuti Melik. Penyusunan Teks Proklamasi tersebut berlangsung pada 16 Agustus 1945 pukul 02.00 s/d 04.00 dini hari dan dilakukan di kediaman Laksamana Tadashi Maeda Jalan Imam Bonjol No 1.

Kemerdekaan Republik Indonesia diproklamirkan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 tahun Masehi, atau tanggal 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang dan tanggal 8 Ramadan 1364 menurut Kalender Hijriah. Isi teks Proklamasi dibacakan oleh Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta dan disambung pidato singkat tanpa teks pada pukul 10:00 di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

Isi Naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Versi Klad
Teks Naskah Proklamasi Klad adalah tulisan tangan asli dari Ir. Soekarno sendiri sebagai pencatat, dan merupakan hasil gubahan (karangan) oleh Drs. Mohammad Hatta dan Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo. Adapun yang merumuskan proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia terdiri dari Tadashi Maeda, Tomegoro Yoshizumi, S. Nishijima, S. Miyoshi, Mohammad Hatta, Soekarno, dan Achmad Soebardjo.
Para pemuda yang berada di luar meminta supaya teks proklamasi disuarakan dengan keras. Namun Jepang tak mengizinkan, beberapa kata yang dituntut adalah "penyerahan", "dikasihkan", diserahkan", atau "merebut". Akhirnya yang dipilih adalah "pemindahan kekuasaan". Setelah dirumuskan dan dibacakan di rumah orang Jepang, isi proklamasi pun disiarkan di radio Jepang.

Berikut Bunyi Teks Proklamasi Kemerdekaan Versi Klad:

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.


Djakarta, 17 - 8 - '05
Wakil2 bangsa Indonesia.
Setelah Naskah Proklamasi Klad ini diproklamirkan, naskah teks tersebut hampir saja terbuang begitusaja, bahkan naskah tersebut sempat masuk ke tempat sampah di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda. Untungnya B.M. Diah menyelamatkan naskah bersejarah ini dari tempat sampah dan menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari, hingga akhirnya diserahkan kepada Presiden Soeharto di Bina Graha pada 29 Mei 1992.

Isi Naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Versi Otentik
Teks naskah Proklamasi Proklamasi Otentik adalah merupakan hasil ketikan oleh Mohamad Ibnu Sayuti Melik seorang tokoh pemuda yang ikut andil dalam persiapan Proklamasi, Haskah ini juga disebut sebagai Naskah Baru, berikut isi teks dari naskah tersebut:

P R O K L A M A S I

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.
Berberapa kata yang diubah pada teks Otentik dibanding dengan versi Klad:
  • Kata "Proklamasi" diganti menjadi "P R O K L A M A S I".
  • Kata "Hal2" diganti menjadi "Hal-hal".
  • Kata "tempoh" diganti menjadi "tempo".
  • Kata "Djakarta, 17 - 8 - '05" diganti menjadi "Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05".
  • Kata "Wakil2 bangsa Indonesia" diganti menjadi "Atas nama bangsa Indonesia".
Naskah Proklamasi Versi EYD

PROKLAMASI

Kami bangsa indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta, 17 Agustus 1945
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno - Hatta.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 Lengkap (Gambar HD)"

Post a Comment