Cara Memperbaiki Android Yang Minta Verifikasi Email Setelah Hardreset Via OTG

Berawal dari pengalaman saya yang menggunakan Samsung grand duos yang saya beli dalam keadaan rekondisi dan saya Hardreset karena ingin saya oprek. Tetapi ketika telah selesai melakukan konfigurasi awal penggunaan telepon, layar malah terkunci dan disuruh untuk menverifikasi email Google, saya tidak bisa melakukan apapun selain menu verifikasi yang tampil di layar. Hal ini dikenal dengan Google FRP (Factory Reset Protection).

Apa Itu FRP?
Dari hasil pencarian saya diinternet mengatakan bahwa Factory Reset Protection atau FRP adalah metode keamanan yang dirancang supaya seseorang tidak bisa memperbaharui data smartphone android hanya dengan menghapus atau factory reset ponsel begitu saja. Fitur FRP ini tersedia pada Android Lollipop, Marshmallow, Naugat ke atas. Kegunaan dan Manfaat fitur ini yaitu membuat ponsel yang telah dicuri supaya sulit untuk digunakan, yang membuat jengkel bagi si pencuri itu sendiri.

Fitu FRP Google menyruh kepada sobat untuk masuk / login ke akun Google lama yang sebelumnya digunakan pada smartphone sebelum di Hardreset, nah setelah login baru deh anda bisa memakai Smartphone sobat kayak baru lagi. Karena hp saya bekas atau rekondisi, secara otomatis saya tidak tau nama akun Google dan Passwordnya, dan pada menu FRP tidak ada pilihan lain selain opsi 'Next'. Namun setelah Googling disana-sini akhirnya ketemu juga tutorial yang menjelasakan cara membongkar sistem perlindungan FRP selain memasukkan akun google. yuk agan-agan kita cekidot tutorialnya!

Langkah-Langkah
1. Bahan

2. Setelah bahan diatas sudah siap, pindah aplikasi Bypass any Samsung Google Account Lock ke Memory Card atau Flashdisk.
3. Colokkan Flashdisk atau Memory Card menggunakan Card Reader ke Smartphone melalui kabel USB OTG.
4. Setelah memory nya dihubungkan ke Smartphone secara otomatis Smartphone akan membuk File Explorer yang membuka data di Flashdisk / Memory Card.
5. Cari dan Instal aplikasi Bypass any Samsung Google Account Lock yang anda simpan di Memory Card / Flashdisk.
6. Setelah terinstal jangan langsung kembali tapi langsung buka aplikasinya tadi, maka akan terbuka pengaturan.
7. Didalam menu pengaturan pilih Back Up dan Reset > lalu pilih Factory Data Reset.
8. Selanjutnya ponsel akan melakukan reset, dan selanjutnya Smartphone tidak akan meminta email pemulihan.
RELATED POST
Disqus Comments