Cara Mengembalikan File Yang Ter Hide Sendiri Oleh Virus Shortcut

Anda mungkin baru saja melakukan copy data lalu menemukan bahwa file yang anda copy tadi telah hilang, tetapi ruang memory pada drive telah berkurang, seakan-akan file tadi bersembunyi dengan sendirinya. atau mungkin anda mendapati file - file yang ada pada memory External seperti Flashdisk dan memory Card semuanya pada hilang, tetapi ruang memory sudah berkurang banyak. Atau mungkin anda menemukan drive dan folder pada memory berubah jadi Shortcut. Dari sini terlihat kemungkinan besar komputer anda telah terinveksi Virus, yang membuat File-file tadi menjadi hilang. lalu bagaimana mengembalikanya? Dukun Tekno akan memberi sedikit trik.

1. Colokkan perangkat Memory seperti flashdisk atau SD Card yang terhiden oleh virus shortcut, lihat simbol huruf drivenya. Pada praktek ini saya menggunakan memory Flashdisk yang terhidden oleh virus shortcut dan pada komputer saya memiliki simbol Drive 'F'.

2. Buka CMD, dengan cara tekan bersama-sama tombol Win (logo Win) + R, lalu isi 'CMD' setelah itu tekan Enter. maka terbukalah aplikasi Command Promp.

3. Dibawah tulisan C:\ ....blablabla.. ketikkan 'F:'.

4. Maka dibawahnya akan muncul tulisan 'F:\>'. disampingnya tambahkan tulisan 'attrib -s -r -h /s /d' seperti gambar diatas. Lalu enter, tunggu hingga muncul kembali tulisan 'F:\>', lalu close aplikasi CMD.

5. Maka semua file dan folder di drive F yang terhidden akan muncul.

Untuk pencegahan kasus file terhiden sendiri terulang kembali sebaiknya anda menginstal Antivirus terbaik dan pastika memiliki database virus terbaru. Seperti Avast, Avira, dll. biasanya penginstalan AntiVirus saat ini umumnya membutuhkan koneksi internet dengan kisaran ukuran aplikasi 300an MB, Jadi pastikan anda memiliki kuota yang besar atau gunakan Wifi sebagai alternatif jaringan.

Terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika anda masih belum paham tentang cara mengembalikan file yang terhiden atau disembunyikan oleh virus shortcut, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang membingungkan anda karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian tips teknologi dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan dan Semoga berhasil.