Mantra Sakti Dukun Teknologi

Cara Membedakan RAM DDR



RAM sendiri ada 2 tipe, yaitu DIMM dan SODIMM. DIMM biasa di pakai pada komputer dengan soket yang panjang, dan SODIMM dipakai pada perangkat Notebook dengan bentuk soket yang lebih kecil atau pendek. berbedaan lain adalah sodimm biasanya lebih hemat energy.

Disini Dukun Tekno mau share ilmu tentang cara membedakan tipe DDR pada memory RAM. Apapun jenis RAM nya mau itu SODIMM ataupun DIMM cara membedakan DDR nya tidak terlalu berbeda, masalahnya tiap-tiap vendor selalu menyingkat tulisan pada kemasan. Dukun Tekno akan memberi 2 opsi cara untuk membedakan DDR pada memory RAM, yaitu lewat komputer dengan bantuan aplikasi untuk Windows atau Linux, dan cara yang ke 2 adalah melihat secara fisik atau lewat kemasan.

Lewat Aplikasi


Gunakan aplikasi CPU-Z, cari di google dengan kata kunci 'Download CPU-Z' maka akan ada alamat situs resminya yaitu 'CPUID.COM', kunjungi alamat tersebut. instal dan buka, setela di buka disana akan ada informasi Hardware yang terpasang pada komputer, untuk melihat tipe RAM buka tab 'Memory' maka informasi memory ram akan di tampilkan secara detail.


Lewat Fisik / Kemasan RAM

PC3 = DDR3

Melihat lewat kemasan / label berguna ketika RAM anda belum terpasang pada komputer, biasanya produsen RAM akan menyingkat tulisan, Sperti 'D3' yang brarti DDR3, lalu 'PC3' yang berarti DDR3 atau bisa saja tertulis secara jelas 'DDR3'. Walaupun begitu cara penulisan memiliki arti tersendiri, penulisan ini berhubungan dengan informasi Modul System, namun karena artikel ini hanya membahas tentang DDR, jadi saya tidak akan membahas sesuatu di luar topic.

Share Artikel

Facebook Twitter Google+