Cara Memperbaiki Error Data Terstruktur Hatom Markup Microformats Pada Blog

Cara Memperbaiki Mengatasi Error Data Terstruktur Hatom Markup Microformats Pada Blog. Permasalahan yang satu ini hampir dialami oleh semua blog yang bisa kita ketahui memlui Search Console (Webmaster Tools). Permasalahan ini kaitannya dengan struktur template blog Anda yang bisa kita cek terlebih dahulu:
  1. Cara pertama Masuk ke Search Console pilih menu Tampilan Penelusuran kemudian Data Terstruktur. Nanti akan terlihat jika memang blog anda terdapat error data terstruktur
  2. Cara kedua adalah menggunakan Structure Data Testing Tools pilih Ambil URL, masukan URL dan pilih VALIDASI.

Setelah itu akan ditemukan beberapa kesalahan berbagai data terstruktur, termasuk struktur microformats. namun kali ini saya hanya ingin share mengenai error hatom markup microformats, untuk yang lainnya nanti segera saya update ya. Kesalahan hatom ini adalah karena Google tidak bisa mengidentifikasi siapa pengarang atau penulis blog tersebut. Sehingga anda perlu memasukkan kode author atau penulis ke rancangan HTML template blog. Untuk alasan mengapa banyak terjadi error pada struktur data blog biasanya karena baru saja mengganti template atau custom domain blog.

Cara Mengatasi Error Hatom Markup Microformats
1. Masuk ke HTML blog dengan cara, Dasbor > Template > Edit HTML.
2. Temukan kode berikut data:post.hasJumpLink (gunakan CTRL + F)
3. Copy dan Paste kode berikut ini diatas kode diatas  data:post.hasJumpLink

<div class='tagblog'>
<div class='vcard' id='hcard-Taufiq Hidayat'>
<span class='post-author vcard'>
<b:if cond='data:top.showAuthor'>
<b:if cond='data:post.authorProfileUrl'>
By : <span class='fn' itemprop='author' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/Person'>
<meta expr:content='data:post.authorProfileUrl' itemprop='url'/>
<a expr:href='data:post.authorProfileUrl' rel='author' title='author profile'>
<span itemprop='name'><data:post.author/></span>
</a>
</span>
<b:else/>
By : <span class='fn' itemprop='author' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/Person'>
<span itemprop='name'><data:post.author/></span>
</span>
</b:if>
</b:if>
</span>
</div>
Updated : <abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601' itemprop='dateModified'><data:post.timestamp/><meta expr:content='data:post.timestamp' itemprop='datePublished'/>
<meta expr:content='data:post.lastUpdatedISO8601' itemprop='dateModified'/></abbr>
</div>

4. Setelah itu save template.

Sekarang silahkan cek di Structure Data Testing Tools dan coba masukan URL kembali dan Validasi. Jika tidak di temukan masalah maka biarkan Google untuk merayapi kembali laman blog anda. Anda hanya perlu duduk manis dan menunggu hingga semua laman error di Search Console dapat hilang.

Error seperti itu pasti terjadi ketika anda menggunakan theme dari luar blogger, jadi theme tersebut tidak secara otomatis menggunakan author blog untuk di masukan ke author HTML theme. Jadi anda harus menambahkannya sendiri secara manual dengan cara di atas.

Cara diatas merupakan cara yang benar untuk Memperbaiki Error Data Terstruktur Hatom Markup Microformats Pada Blog namun masih banyak juga yang gagal mencobanya. Hal tersebut terjadi karena struktur template laman dan permasalahan yang terjadi berbeda beda pada setiap kasus. Meskipun demikian isu error ini tidak akan mempengaruhi performa trafik blog anda.

Error seperti ini biasanya akan hilang ketika nanti anda pindah ke WordPress ketika ingin mulai serius ngeblog dengan hosting sendiri. Jadi jangan terlalu buang buang waktu memperbaiki error tersebut kalau memang belum bisa, mending fokus ngeblog saja.
RELATED POST
Disqus Comments