Perbedaan OpenGL, OpenCL, OpenAL

OpenGL ( Open Graphic Library )
OpenGL adalah cross-platform application programming interface ( API ) untuk rendering 2D dan 3D grafis vektor. cross platform artinya OpenGL dapat ditemui pada perangkat hardware yang berbeda seperti Android, Windows, AMD, NVidia. API merupakan perangkat lunak yang menghubungkan GPU dan Kode program, untuk mengatur dan menampilkan citra grafis kemonitor.

Silicon Graphics Inc ( SGI ) mulai mengembangkan OpenGL pada tahun 1991 dan dirilis pada Januari 1992, aplikasi menggunakannya secara ekstensif di bidang desain dibantu komputer ( CAD ), virtual reality , visualisasi ilmiah , visualisasi informasi, simulasi penerbangan , dan game. OpenGL dikelola oleh non-profit teknologi konsorsium Khronos Grup.

OpenCL ( Open Computing Language )
OpenCL adalah kerangka kerja untuk menulis program yang mengeksekusi seluruh platform silicon arsitektur yang terdiri dari unit pusat pengolahan ( CPU ), unit pengolahan grafis ( GPU ), prosesor sinyal digital ( DSP ), field-programmable gate arrays (FPGA) dan lainnya. Intinya tujuan OpenCL adalah bahwa OpenCL akan menggabungkan semua chip komputasi untuk meningkatkan kecepatan perhitungan. OpenCL menentukan bahasa pemrograman ( berdasarkan C99 ) untuk pemrograman perangkat dan antarmuka pemrograman aplikasi (API) untuk mengontrol platform silicon arsitektur dan mengeksekusi program pada perangkat komputasi. OpenCL menyediakan antarmuka standar untuk komputasi paralel menggunakan berbasis tugas-dan paralelisme berbasis data. OpenCL mengambil dan menggabungkan keunggulan fungsi pada tiap unit core, contoh GPU memiliki keunggulan dalam komputasi FPU ( Floating Point Unit ) dengan OpenCL CPU tidak perlu menghitung bilangan FPU.

OpenCL merupakan standar terbuka yang dikelola oleh non-profit teknologi konsorsium Khronos Grup. Implementasi tersedia dari Altera , AMD , Apel , ARM Holdings , Creative Technology , IBM , Imagination Technologies , Intel , Nvidia , Qualcomm , Samsung , Vivante , Xilinx , dan ZiiLABS.

OpenAL ( Open Audio Language )
OpenAL adalah sebuah API crossplatform yang dirancang untuk merender audio di ruangan agar dapat menghasilkan efek 3D sound. OpenAL merupakan perpustakaan audio 3D lingkungan yang bertujuan untuk memberikan penggantian terbuka untuk proprietary (dan umumnya tidak kompatibel dengan satu sama lain) sistem audio 3D seperti EAX dan A3D . OpenAL dapat menambahkan realisme ke permainan dengan mensimulasikan redaman, yang efek Doppler (perubahan frekuensi akibat gerak), dan kepadatan materi.

Itulah Perbedaan OpenGL, OpenCL dan OpenAL, terimakasih telah mampir di blog saya ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan jika anda masih belum paham tentang Perbedaan OpenGL, OpenCL dan OpenAL, saya sangat senang jika anda berkomentar dan menjelaskan bagian mana yang membingungkan anda karena tentu saya akan membimbing anda dengan sebaik-baiknya. sekian ulasan dari Dukun Tekno yang dapat saya bagikan dan terimakasih!.

Related Posts:

0 Response to "Perbedaan OpenGL, OpenCL, OpenAL"

Post a Comment