Cara Memasang Widget Alexa Rank Di Blogger

Cara Memasang Widget Alexa Rank Di Blogger
Apa itu Alexa?
Alexa adalah situs yang memberikan rangking pringkat popularitas pada setiap situs didunia ini, anda bisa menganalisa situs dan melihat peringkatnya. Ada dua patokan rangking yang diberikan yaitu lokal rank yang berati rangking popularitas di negara sendiri contoh situs Dukuntekno.com dari indonesia, dan yang kedua adalah global rank yang berarti rangking popularitas dunia. Situs alexa sangat berguna sekali untuk memeriksa progres popularitas situs kita sendiri, apakah sedang menurun ataukah sedang naik.

Kegunaan Dan Fungsi Alexa Rank
Seperti yang saya sebutkan tadi fungsi website Alexa Rank yaitu memonitor tingkat popularitas yang dijadikan sebagai rangking. Cara menghitungnya rank alexa seperti menghitung ranking raport, yaitu semakin kecil nilainya semakin populer. Fungsi alexa rank sendiri juga dipakai untuk beberapa situs periklanan, seperti Adsoptimal, jika ingin mengiklankan jenis iklan gold atau silver (yang satu klik nya bisa 2 dolar), situs tersebut harus masuk satu juta alexa global rank. Oh ya satu lagi, rangking pengiklan biasan memiliki syarat dimana situs harus menggunakan domain TLD bukan subdomain, jadi percuma walaupun punya situs yang masuk 1juta besar alexa rank tetapi masih pake blogspot.com.

Bagi anda yang memiliki blog/atau situs, widget alexa sangat bermanfaat untuk mengukur trafik rank pada situs anda secara realtime. Alexa Rank merupakan faktor penting untuk membantu para blogger dalam mengukur popularitas webnya. Jika ingin sukses dalam hal SEO anda harus memperhatikan seberapa baik situs anda dalam ranking Alexa. Ranking anda pada situs alexa akan menarik perhatian para pengiklan, sehingga anda akan mendapatakan penghasilan yang lebih dari iklan yang dipasang pada blog atau situs yang anda miliki.

Cara memasang widgwt alexa sangat mudah, selain sebagai promosi untuk opengiklan, juga digunakan alex.com sebagai pengukur data pada situs, web yang anda miliki. Oleh sebab itu jika anda tidak memasang widget alexa rank pada situs anda, saya yakin anda akan rugi besar.


Langkah Memasang Widget
1. Masuk blogger > lalu buka blog anda.
2. Buka menu Tampilan/Layout > pilih tambahkan widget Script/HTML
Blogger layout widget

3. Lalu pilih HTML/Java Script. dan Copas kode berikut.


<a href="http://www.alexa.com/siteinfo/yoursite.com">
<script type="text/javascript" src="http://xslt.alexa.com/site_stats/js/t/a?url=yoursite.com">
</script>
</a>
<a href="http://www.alexa.com/siteinfo/yoursite.com">
<script type="text/javascript" src="http://xslt.alexa.com/site_stats/js/s/a?url=yoursite.com">
</script>
</a>


4. Ganti Yoursite.com dengan alamat situs anda sendiri, Done.

Untuk blog atau situs web yang baru dibuat, biasanya akan tertulis "no data" ini karena server Alexa belum melakukan analisa terhadap situs atau website terkait. Nah sudah diujung acara, diatas merupakan tutorial cara memasang widget alexa rank pada  blogger, semoga berhasil dan tafik situs agan jadi lebih banyak. terimakasih banyak telah membaca artikel di situs Dukuntekno.com, jangan lupa untuk membaca artikel lainya seputar dunia teknologi.