Mantra Sakti Dukun Teknologi

Tips Memilih Memory Micro SD ( Scure Digital Card )




Memori SD memiliki berberapa model, yaitu: SD Card, Mini SD Card, dan Micro SD Card. Dikarenakan teknologi saat ini membutuhkan perangkat berukuran kecil, Micro SD menjadi sangat popler terutama untuk perangkat Smartphone. Dan saat ini pasti kita sering menjumpai berbagai merek memory Micro SD, masing-masing mempunyai kualitas dan fitur yang berbeda. Maka dari itu berikut Tips memilih kartu memory Micro SD dari Dukun Tekno.

Perhatikan Spesifikasi Memory

Beberapa hal yang harus di perhatikan ketika anda ingin membeli kartu microSD Card adalah Ruang Memory, Kecepatan, dan Fitur lain yang mungkin anda butuhkan. anda bisa melihatnya melalui tulisan pada permukaan fisik pada kartu micro SD.

Ruang Memory
Pada permukaan fisik memory, biasanya tulisan Ruang Memory tertulis sangat jelas. Saya sangat sarankan untuk membeli memory dengan ruang minimal 16 GB. Dikarenakan kualitas konten digital saat ini yang semakin membaik mengakibatkan meningkatnya ukuran file, selain itu juga rata-rata Smartphone keluaran tahun 2009 sudah mampu menampung memori ini.

Jika anda bingung dengan memory 8GB yang menjadi 7.4 / 7.3 GB, bisa melihat artikel saya yang satu ini:

Alasan Memory Ukuran 8GB Menjadi 7.3GB

Dari pengalaman saya memiliki memory dengan ruang 8GB, ternyata tidak cukup untuk menyimpan file gambar, video, aplikasi, game. Dan setelah memiliki memory 16 GB, saya merasa ukuran inilah yang paling ideal untuk saat ini, selain cukup untuk menyimpan berbagai konten, masih ada ruang kosong yang cukup besar untuk menyimpan file lain. Tetapi tetap saja semua tergantung pribadi masing-masing, bisa saja anda membutuhkan memory yang lebih kecil atau malah yang lebih besar.

Kecepatan
Awal Kartu SD, kecepatan ditentukan oleh "×" rating, yang membandingkan kecepatan rata-rata membaca data dengan CD-ROM drive. lalu digantikan oleh "Class" Rating, yang menjamin tingkat minimum. Tetapi tentu saja "Class" rating akan tergantikan oleh "UHS" rating, yang memiliki kepanjangan Ultra High Speed.

 Kelas
Logo Pada Kartu Memory
Kecepatan Minimal Menulis Data Dalam MB/S
 Class 2
 
 2
 Class 4
 
 4
 Class 6
 
 6
 Class 10
 
 10
 UHS I 
 
 10
 UHS II
 
 20
 UHS III
 
 30


Perhatikan Spesifikasi Smartphone

Tidak semua smartphone kompatibel dengan semua jenis Micro SD, memori Micro SD dibagi menjadi beberapa tipe berdasarkan ukuran ruang memorynya seperti yang saya sebutkan tadi: microSDSC ( Standard Capacity, tetapi biasa ditulis SD saja ) untuk ukuran dibawah 4GB, microSDHC ( High Capacity ) untuk ukuran 8 - 16GB, dan microSDXC ( Xtended Capacity ) untuk ukuran 32GB - . Anda harus memperhatikan daya tampung maksimal pada perangkat smartphone anda. Berikut dukungan Slot terhadap jenis kartu microSD tertentu. Y ( ya ), N ( No ), - ( Bervariasi ).

Slot Memory Pada Smartphone
Kartu SDSC
Kartu 
SDHC 
Kartu 
SDHC I
Kartu 
SDHC II
Kartu 
SDXC
Kartu 
SDXC I
Kartu 
SDXC II
Kartu 
SDIO
SDSC
 Y
 N
 N
 N
 N
 N
 N
 N
SDHC
 Y
 Y
 Y
 Y
 N
 N
 N
 N
SDHC I
 Y
 Y
 Y
 Y
 N
 N
 N
 N
SDHC II
 Y
 Y
 Y
 Y
 N
 N
 N
 N
SDXC
 Y
 Y
 Y
 Y
 Y
 Y
 Y
 N
SDXC I
 Y
 Y
 Y
 Y
 Y
 Y
 Y
 N
SDXC II
 Y
 Y
 Y
 Y
 Y
 Y
 Y
 N
SDIO
 -
 -
 -
 -
 -
 -
 -
 Y

Jika anda memiliki Smartphone dengan slot memory SDXC II, maka smartphone anda dapat mendukung hampir semua jenis kartu micro SD.